Foto : twitter PSS

OLENAS.ID – Seto Nurdiyantoro, pelatih PS Sleman sudah lega. Menikmati tidur nyenyak. Ia juga memuji para pemainnya yang berjuang untuk membantai Perseru Badak Lampung dengan 5-1. PSS pun bertahan di kompetisi Liga 1 musim depan.

Gol-gol itu digelontorkan oleh Yevhen Bokhasvili (2 gol), serta masing-masing satu gol dari Haris Tuharea, Ocvian Chanigio, dan Kushedya Hari Yudo. Satu-satunya gol balasan tim tamu dicetak Aulia Hidayat.

Dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2019 itu kedua tim memikul beban tidak ringan. Suporter PSS mendatangi Stadion Maguwoharjo, Selasa (3/12/2019) sore itu membawa harapan besar timnya mampu mengakhiri paceklik kemenangan. PSS memang sedang mandul kemenangan setelah sebulan (November) tak mampu meraih poin penuh. Tak cuma itu, kekalahan sore itu bisa menyeret PSS turut jadi salah satu tim yang berada di zona merah.

Badak Lampung sendiri, meski jadi tim yang rawan posisinya, namun penampilan terakhirnya mencengangkan. Madura United digasak 3-0 di kandang sendiri. Mereka juga mengincar kemenangan untuk menjauhi zona degradasi.

Kini, keberhasilan menggebuk Badak Lampung membuat PSS sudah mengumpulkan 43 poin. Secara matematis perolehan itu tak mungkin dikejar lagi oleh tiga tim penghuni zona degradasi, yakni Badak Lampung, Kalteng Putra dan Semen Padang.

Badak Lampung FC dan Kalteng Putra sama-sama mengumpulkan poin 30, sedangkan Semen Padang sebagai juru kunci mengoleksi 28 poin, dengan musim ini menyisakan empat pertandingan lagi.

Menariknya, PSS bersama Kalteng Putra dan Semen Padang merupakan tiga tim promosi dari Liga 2 2018. PSS yang sudah pasti mampu bertahan di Liga 1 sebagai pendatang baru di kompetisi 2019 ini.

Keberhasilan itu membuat Seto bangga dengan para pemainnya. Ia pun mengaku akan bisa tidur nyenyak.

“Secara poin kami tidak bisa terkejar oleh tim zona degradasi. Selamat untuk┬ápemain, manajemen atas prestasi bertahan di Liga 1,” kata Seto setelah pertandingan.

Meski begitu, ia tak ingin para pemainnya berleha-leha. Ada target lain yang diincarnya, yakni menempatkan PSS di papan tengah. Empat pertandingan sisa yang masih dilakoni Elang Jawa diharapkan memberi poin untuk mencatatkan nama PSS bercokol di papan tengah.

Empat laga itu adalah menjamu Persib (6/12), tandang ke Persela Lamongan (11/12) dan PSM Makassar (15/11) dan terakhir menjamu PS Tira Persikabo (22/12). ***