Semen Padang (foto : liga-indonesia)

OLENAS.ID – Semen Padang, Kalteng Putra dan Perseru Badak Lampung dipastikan akan mengarungi Liga 2 pada kompetisi 2020 mendatang. Ketiganya terdegradasi dari Liga 1 2019, meski kompetisi belum usai, menyisakan dua laga.

Dari hasil laga ke-32, 14 Desember 2019, mereka tak beranjak dari tiga posisi terbawah klasemen sementara. Memiliki selisih tujuh poin dari penghuni posisi 15, ketiganya akan tetap berada di posisi terbawah meski mampu meraup kemenangan dari dua laga sisa.

Kalteng Putra, yang bersama Semen Padang merupakan tim promosi dari Liga 2 2018 menjadi tim pertama yang dipastikan terdegradasi. Tim asal Kalimantan Tengah tersebut baru mengumpulkan 31 poin sehingga hingga akhir musim nanti hanya akan meraih 37 poin maksimal.

Posisi ke-15 saat ini ditempati Persela Lamongan dengan 40 poin. Di bawahnya dihuni Badak Lampung yang baru mengumpulkan 33 poin. Jika dalam dua laga sisa menang, Badak Lampung hanya mampu mendulang maksimal 39 poin. Artinya masih kalah satu angka dari Persela.

Sedangkan Semen Padang menjadi tim terakhir yang mengalami degradasi setelah pada partai hidup mati dengan PSIS Semarang, tim Kabau Sirah takluk 0-2. Hasil ini membuat Kabau Sirah hanya mengoleksi 31 poin. Jika pun dua sisa laga dimenangkan, maksimal hanya 39 poin yang terkumpulkan.

Dari tiga tim promosi Liga 2 2018, PS Sleman yang justeru tampil mengejutkan dan saat ini berada di papan atas, di peringkat ke-7 dengan 45 poin. ***