Bek PSS Sleman Alfonso de la Cruz Calero sudah tertarik ingin menjajal sepak bola Indonesia sejak masih bermain di FA Selangor. Di Malaysia, dirinya bersahabat dengan dua pemain Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn. (foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Alfonso de la Cruz, bek asing asal Spanyol tidak terlihat dalam latihan PS Sleman di lapangan Yogyakarta Independent School, Kamis (27/2/2020) sore. Namanya juga tidak tercantum dalam daftar pemain yang dibawa ke Makassar untuk mengawali laga perdana menghadapi tuan rumah PSM Makassar.

“Alfonso masih urusan Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Kemarin di Singapura, sekarang posisinya di Jakarta. Belum bisa gabung latihan, masalah izin tinggal,” kata Asisten Pelatih PSS Sleman Danilo Fernando usai latihan.

Jawaban serupa juga diberikan oleh Plt.Manajer PSS, M.Eksan. Namun mantan striker PSS ini tak memberikan jaminan apakah Alfonso akan kembali atau tidak ke Sleman. “Alfonso pergi ke Singapura mengurus KITAS. Tapi, kembali lagi ke sini atau tidak, saya tidak tahu,” ujarnya.

Tidak tampaknya sosok Alfonso menjadi perhatian karena kencangnya rumor akan dicoretnya satu pemain asing untuk diganti slotnya oleh gelandang serang yang baru. Disebut-sebut nama Zah Rahan Krangar dan Brian Ferreira yang salah satunya akan menjadi amunisi baru tim berjuluk Super Elang Jawa itu.

Mantan pemain Valencia FC Mestalla itu juga banyak mendapat sorotan negatif dari suporter karena menurunnya performa. Dalam dua uji coba terakhir juga tidak menunjukkan kemajuan berarti, malah melakukan blunder. ***