Laga kandang pertama berakhir imbang bagi PSS saat hadapi Tira Persikabo. (Foto : LIB)

OLENAS.ID – Mengawali laga kandang pertamanya di musim 2020 PS Sleman hanya mampu memetik hasil imbang 0-0 saaat menjamu Tira Persikabo di Stadion Maguwoharjo, Minggu (8/3/2020) malam.

Bagi PSS hasil ini bisa dimaklumi, mereka melakoni laga pertama bersama pelatih barunya, Dejan Antonic. Selain itu juga dalam masa transisi dengan adanay pelatih dan beberapa pemain baru seperti Irfan Bachdim dan Zah Rahan.

Sedangkan untuk Tira Persikabo, masih belum tampak ciri khas permainan mereka yang sebenarnya. Seperti musim lalu, karakter sebuah tim tak tampak meski untuk kali ini mereka menambah amunisi dengan beberapa pemain bagus seperti Alex dos Santos dan Ciro Alves.

Mengawali babak pertama, lima menit awal PSS mampu mendominasi permainanm namun tak ada peluang berarti. Kedua tim seperti meraba karakter permainan masing-masing.

Peluang PSS di menit ke-6 lewat umpan lambung Bagus Nirwanto belum mampu dimanfaatkan oleh Yevhen Bokhashvili. Tandukannya lemah dan melenceng ke sisi kiri gawang Tira Persikabo. 

Tim tamu sendiri mencoba serangan dari sisi sayap, namun berhasil dipatahkan oleh barisan pertahanan PSS yang kali ini tampil lebih baik dibanding saat bertandang ke PSM Makassar.

Ciro Alves tampak tak berkutik mendapat kawalan dari Arthur Irawan. “Saya mendapat tugas mematikan gerakan Ciro,”ujar Arthur kepada OLENAS.ID usai pertandingan.

Menjelang akhir babak pertama, peluang didapat oleh PSS, sayangnya tendangan keras Wahyu Sukarta dari luar kotak penalti mengarah ke kiper Tira, Dwi Kuswanto.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tak berubah. Peluang emas PSS di menit ke-50 tak membuahkan hasil. Kemelut di mulut gawang Tira masih mampu dipatahkan oleh barisan pertahanan.

Kedua tim tetap menjalankan strategi yang sama, menjaga ketat pemain-pemain kunci. Dari PSS, Bokhashvili dan Zah Rahan dijaga, sedangkan Alex dos Santos dan Ciro Henrique tak berkutik. 

Pelatih PSS, Dejan Antonic melakukan pergantian pemain. Arthur Irawan ditarik keluar, digantikan oleh Derry rachman di menit ke-58. Sedangkan pada menit ke-71, Irkham Milla dimasukkan, menggantikan Jefri Kurniawan.

Masuknya Irkham tak mengubah jalannya pertandingan. Ia seperti belum menemukan permainan terbaiknya. Gerakan lincahnya yang mampu menarik bek lawan belum tampak kembali.

Tendangan bebas yang didapat PSS di meni ke-87 juga belum mampu dimanfaatkan jadi gol. Itu setelah Irfan Bachdim dijatuhkan oleh Rifad di luar kotak penalti.

Justeru saat memasuki injury time terjadi situasi memanas ketika beberapa pemain terlihat berseteru. Hal itu bermula dari dijatuhkannya Ciro di menit ke-90+2, yang justeru membuat marah bek Tira, M.Rifad Marabessy. Selain Deryy yang diusir keluar karena mendapat kartu merah (sudah mendapat kartu kuning pertama) di menit ke-72.

Laga sempat terhenti beberapa menit, namun hingga wasit Pipin Indra meniup peluit panjang, tak ada gol tercipta.

Hasil imbang itu membuat PSS duduk di peringkat ke-15, diikuti Tira Perikabo di 16. ***

Susunan Pemain

PSS Sleman : 21 Egy Rziky (PG); 3 Bagus Nirwanto, 5 Asyraq Gufron, 2 Aaron Evans, 8 Arthur Irawan/69 Derry Rachman (59); 77 Jefri Kurniawan/27 Irkham Milla (73), 6 Wahyu Sukarta, 88 Guilherme Batata; 11 Zah rahan, 17 Irfan Bachdim, 10 Yevhen Bokhasvili.

Pelatih: Dejan Antonic

Tira Persikabo : 33 Dwi Kuswanto (PG); 12 Rifad Marasabessy, 5 Andy Setyo/44 Ikhwan Ciptadi (58), 16 Artyom Filiposyan, 3 Abduh Lestaluhu; 68 Roni Sugeng, 91 Arthur Bonai/14 Izmy Hutawe (82), 7 Ciro Henrique, 8 Petteri Pennanen; 99 Hendra Adi Bayauw/2 Dava Aldiansyah (88), 9 Alex dos Santos.

Artikulli paraprakPSS vs Tira Persikabo : Sama-Sama Ingin Raih Kemenangan Perdana
Artikulli tjetërPenguatan Medis Lewat Thermoscan dan Hiburan Kompetisi