OLENAS. ID – PSSI meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyusun kembali jadwal pertandingan dan hal yang bersifat teknis serta adminsitratif terkait perkembangan persebaran virus Corona.

Hal itu terkait dengan penundaan kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 2020 selama dua minggu sebagai langkah menghadapi meluasnya virus itu di berbagai kota. Menindaklanjuti langkah itu, PSSI dan LIB mengadakan pertemuan dengan perwakilan klub Liga 1 dan 2 di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Pada pertemuan ini juga hadir Wakil Ketua Umum sekaligus Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani serta Sonhadji, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra dan Direktur Keuangan LIB Anthony Chandra Kartawiria.  

“Selain penudaan Liga 1 dan 2, kami juga tunda kompetisi futsal, sepak bola putri dan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Khusus Timnas U-16 hari ini kami percepat pemusatan latihan mereka dan langsung kami pulangkan seluruh pemain serta ofisial,” ujar Ketua Umum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk membuat assesment risiko dan rencana mitigasi atas jalannya liga setelah dua pekan ke depan. PSSI akan memberikan asistensi teknis kepada PT LIB untuk melakukan kajian bersama dengan liga-liga internasional lainnya, khususnya Asia Tenggara terhadap kebijakan yang akan diambil secara global.

Selain itu, PSSI juga akan membantu LIB untuk melakukan kajian cost, manajemen risiko di masing-masing klub dalam kondisi terburuk usai dua pekan penghentian sementara kompetisi.

Dalam pertemuan tersebut, Iwan Bule juga mengingatkan kepada klub untuk membantu mengendalikan suporter mereka. Hal ini menyikapi kejadian insiden suporter PSIS Semarang melawan Arema FC pada Sabtu (14/3) lalu di Stadion Moch Subroto, Magelang.

“Kami ingin kejadian tersebut tidak terulang kembali di pertandingan-pertandingan berikutnya. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Tentunya kompetisi kita harus bisa berjalan baik, sportif dan menjadi tontonan menarik,” tegas Iriawan.

Saat ini kompetisi Shopee Liga 1 2020 telah memasuki pekan ketiga. Sedangkan Liga 2 2020 baru saja melakukan kick off laga perdana pada Sabtu (14/3) dan Minggu (15/3) kemarin. ***

Artikulli paraprakPT LIB Ajak Semua Pihak Pertimbangkan Semua Aspek Terkait Virus Corona
Artikulli tjetërMenghadapi Tekel Keras Corona, Kehadiran PT LIB Akan Menenangkan Klub