muncul-petisi-agar-atalanta-dinobatkan-scudetto

OLENAS.ID – Di tengah ketidakpastian kelanjutan Liga Italia, muncuk petisi di dunia maya untuk memberikan gelar juara Liga Italia Serie A 2019/2020 kepada Atalanta jika kompetisi tidak dilanjutkan. Alasan pemberian scutdetto ini karena kota Bergamo yang jadi markas klub itu paling parah terdampak epidemi virus corona di Italia.

Bergamo merupakan kota kecil di Lombardia dengan populasi 120 ribu orang. Lebih dari 4.500 orang di sana meninggal karena virus corona. Di media sosial beredar video yang memperlihatkan tentara di Bergamo terpaksa membawa jenasah korban ke luar kota. Hal itu dilakukan karena krematorium di sana tak mampu menampung tingginya jumlah korban.

Dalam petisi yang diunggah di laman change.org juga disebutkan pemberian gelar scudetto itu sebagai apresiasi atas “pencapaian olahraga dalam dua tahun terakhir, dan penghormatan terhadap Bergamo sebagai simbol penderitaan Italia selama pandemi virus corona.”

Atalanta sendiri punya kiprah bagus, tak hanya dalam kompetisi Liga Serie A tapi juga Liga Champion. Tim itu tampil mengejutkan hingga ke babak perempat final Liga Champions sebelum sepak bola ditangguhkan.

aat kompetisi ditangguhkan, Josip Ilicic dan kawan-kawan menempati posisi ke-4 klasemen Serie A dengan meraih 48 poin. La Dea terpaut cukup jauh dari Inter Milan yang berada di posisi ketiga.

Sedangkan, Juventus berada di puncak klasemen ketika kompetisi terhenti. Si Nyonya Tua meraih 63 poin. Juventus unggul tipis saja dari Lazio yang berada di posisi kedua dengan 62 poin. Lazio juga punya selisih gol lebih baik (+37) dibanding Juventus (+26)

Meski begitu, Juventus tak mau jadi juara jika kompetisi dihentikan. Seperti dikutip dari Football Italia,  Juventus pun berharap agar kompetisi terus berlanju hingga muncul satu tim sebagai juara. ***