Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan dan Dirut PT LIB, Cucu Somantri. (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – PT Liga Indonesia Baru diminta untuk berbenah, menghentikan kisruh yang tengah terjadi dan menjadi sorotan publik. Lebih baik PT LIB kembali fokus bekerja pada pengembangan industrialiasasi kompetisi.

Iwan Bule mengusulkan agar PT. LIB segera menggelar rapat internal yang dihadiri direksi, komisaris dan para pemegang saham.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Jakarta, Senin (27/4/2020). Pernyataan Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Irawan, merupakan yang pertama kali disampaikan usai beberapa hari terakhir LIB jadi sorotan karena isu nepotisme.

Isu itu muncul ke permukaan usai Direktur Bisnis PT LIB Rudy Kangdra menyebut bahwa Pradana Aditya, putra Dirut PT LIB, Cucu Somantri. menduduki jabatan General Manager (GM) di LIB sejak 3 Maret 2020.

Tuduhan itu mendapat bantahan dari Cucu Somantri yang menyatakan bahwa adanya jabatan GM masih berupa usulan strukturisasi (draft) organisasi yang diajukan staf LIB. Cucu memastikan bahwa anaknya tidak akan menjabat apapun di PT LIB.

Menruut Iwan Bule, dalam rapat internal nanti LIB bisa merinci soal bagaimana kelanjutan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 setelah pandemi COVID-19 berakhir. Selain itu juga membicarakan hal-hal seperti soal rencana bisnis dan lain-lain.

“Seperti apa nanti rencana LIB selaku operator, apakah melanjutkan liga atau bagaimana kalau tidak dilanjutkan. Lalu bagaimana rencana bisnis setelah vakum beberapa bulan ini dan lain-lain,” jelas Ketua Umum PSSI itu.

PT LIB, tambah Iwan Bule, harus fokus mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dan tantangan pasca pandemi. “Bukannya sibuk dengan kegaduhan internal yg sama sekali tidak menunjukkan itikad untuk fokus kepada pengembangan industrialisasi kompetisinya,” tegas Iriawan. ***