Arema saat hadapi Persija (foto : twitter Persija)

OLENAS.ID – Jendela transfer Liga 1 2020 sudah dibuka. Dibukanya bursa transfer dari 21 September hingga 18 Oktober 2020 sudah mendapatkan ijin dari FIFA.

Restu itu dibutuhkan PSSI karena jendela transfer kali ini di luar jadwal transfer internasioal. Seharusnya Transfer Matching System (TMS) berlangsung 21 Juli- 19 Agustus 2020, namun karena kondisi kahar (force majeure) maka diundur.

“PSSI telah memohon perubahan TMS periode 2 tahun 2020 kepada FIFA Player’s, Status, Legal & Compliance Division karena TMS Periode 2 yang telah didaftarkan PSSI tidak digunakan,” begitu bunyi surat PSSI tertanggal 18 September 2020 kepada klub-klub.

Surat PSSI itu mendapatkan respons bagus dari FIFA yang mengijinkan adanya perubahan registrasi periode 2 pada 21 September sampai 18 Oktober.

Sejak dihentikannya kompetisi akibat pandemi Covid-19, diikuti dengan keputusan PSSI membolehkan klub memberi gaji hanya 25 persen dari Maret-Agustus, banyak pemain yang mundur. Petteri Pennanen yang pemain asing Tira Persikabo merupakan pemain asing pertama yang menyatakan tidak bisa kembali ke Indonesia. Langkah yang juga kemudian diikuti beberapa pemain asing lainnya. ***