Perwakilan klub menunjukkan kesepakatan yang dicapai. (Foto : Gie)

OLENAS.ID – Semua klub peserta Liga 1 2020 sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020. Mereka menandatangani kesepakatan itu dalam rapat Extraordinary Club Meeting dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakata, Selasa (13/10/2020) sore.

Kesepakatan 18 klub yang dibacakan oleh oleh Firman Achmadi dari Boreno FC itu mengusung semangat “Memajukan Sepakbola Nasional.”

Rapat ini dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan pengurus PSSI, Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita, Dirops PT LIB, Sudjarno, serta para manajer dari tim Liga 1, dimulai tepat pukul 15.00 WIB.

“Dilanjutkannya kompetisi sebagai bentuk dukungan percepatan pembangunan persepakbolaan nasional,” tegas semua klub dalam pembacaan kesepakatan itu.

Menurut Firman Achmadi usai rapat itu, klub sepakat dilanjutkannya kompetisi dengan tujuan untuk kepentingan Timnas Indonesia ke depan. Hal ini dimaksudkan agar bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Terdapat tiga poin utama dalam kesepakatan itu. Poin pertama klub mengapresiasi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah dalam hal ini Bapak Presiden RI yang telah mendukung percepatan pembangunan persepakbolaan Nasional.

Kedua, klub sepakat kompetisi ini dilanjutkan dengan tujuan untuk kepentingan Timnas kedepan agar bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Ketiga, bergulirnya Kompetisi lanjutan menghidupkan sektor Ekonomi, antara lain sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan akan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam penyebaran Covid-19.

Dampak pandemi Covid-19 yang berimbas pada semua sektor membuat kompetisi harus dihentikan pada Maret 2020. Saat akan digelar kembali pada 1 Oktober 2020 ditunda lagi setelah kepolisian tidak memberikan ijin keramaian. Akhirnya PT LIB menunda kompetisi selama sebulan, dan diharapkan bisa berlangsung kembali 1 November 2020. ***

Artikulli paraprakIrfan Bachdim Berpesan Untuk Timnas U-19 : Tetap Semangat dan Belajar
Artikulli tjetërDua Pemain Akademi Masuk Timnas U-16, Bukti Keseriusan PSS Kembangkan Akademi