OLENAS.ID – Kompetisi Liga 1 2020 jika nantinya dimainkan pada Januari 2021 lebih baik memakai titel musim 2021. Lain jika ditunda hingga sebulan saja, masuk akal ditunda ke November 2020.

“Tapi kalau jadinya merembet ke Januari 2021, kita lupakan saja Liga 1 musim ini,”tegas pelatih Madura United, Rahmad Darmawan dalam webinar “Kompetisi, Antara Bisnis dan Kemanusiaan” yang diadakan oleh Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY), Sabtu (17/10/2020).

Kompetisi Liga 1 2021 yang sedianya akan dilanjutkan dengan kick off pada 1 Oktober 2020 kembali harus ditunda setelah tidak turunnya ijin dari kepolisian. Kesepakatan 18 klub yang disampaikan usai Extraordinary Meeting di Yogyakarta, 13 Oktober 2020 lalu juga belum menghasilkan kepastian adanya ijin dari kepolisian.

“Kalau seperti kemarin masih masuk akal ditunda ke November. Tapi kalau jadinya merembet ke Januari, seperti apa yang saya bilang sebelumnya, kita lupakan saja Liga 1 musim ini,” jelas mantan pelatih timnas U-23 itu.

Menurut perlatih yang akrab dipanggil RD itu, melanjutkan kompetisi pada Januari 2021 sangatlah berat, butuh banyak pengorbanan yang luar biasa. Tidak hanya bagi pelaku (pemain dan tim pelatih) , tapi juga klub.

“Kalau konteksnya melanjutkan kompetisi itu format tidak berubah. Kalau ada satu keputusan bahwa format sama tapi dalam tanda kutip ada perubahan yang tadinya kompetisi penuh menjadi setengah kompetisi yang artinya satu putaran saja dilaksanakan, itu nantinya kami akan memahami itu sebagai sebuah kondisi seperti ini memang tidak mudah,” jelas RD. ***