Para pemain PSS sedang berlatih. (foto : Dok.PSS)

OLENAS.ID – Ujung dari sebuah tim nasional itu kompetisi. Di kompetisi resmi para pemain akan mendapatkan atmosfir pertandingan yang sesungguhnya.

Hal itu ditegaskan oleh pelatih timnas U-19 Shin Tae Yong di Kroasia, Selasa (20/10/2020) kepada Humas PSSI yang turut dalam perjalanan timnas U-19 ke Kroasia.

“Ini beda dengan kalau hanya training camp dan latih tanding dengan timnas negara lain atau klub,” tambah Shin Tae-yong.

Timnas U-19 sejak 30 Agustus 2020 melakukan training camp di Kroasia. Selain agenda pemusatan latihan, timnas juga melakukan laga persahabatan melawan timnas negara lain maupun klub-klub kuat di Kroasia.

Selanjutnya Timnas U-19 akan pulang ke Tanah Air pada hari Rabu 28 Oktober 2020. Kemudian Pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Namun, karena pihak Kepolisian belum memberikan izin untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2, kompetisi akhirnya ditunda.

Itu sebabnya pelatih asal Korea Selatan ini menginginkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar. ”Anda tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus.”

”Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Itu juga sekaligus, saya bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 & Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,” imbuh Shin Tae-yong.

Seperti diketahui timnas U-19 akan pulang ke Tanah Air hari Senin 26 Oktober 2020. Selanjutnya pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Rencananya PT Liga Indonesia Baru sebagai operator akan melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November.


”Itu sebabnya kami memohon kepada Kepolisian untuk mengizinkan agar Liga 1 dan Liga 2 kembali berputar. Sebab kompetisi ini penting bagi timnas dan tentu PSSI,” imbuh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. ***