Pemain Persebaya Makan Konate (kanan) memutuskan mundur dari tim. (Foto: Liga-Indonesia)


OLENAS.IDPersebaya Surabaya kembali kehilangan salah satu pilar pemain asing. Usai ditinggalkan striker asal Brasil David da Silva, Persebaya dipastikan kehilangan gelandang Makan Konate yang mengundurkan diri.

Konate mengaku keputusan yang diambil memang tidak mudah dan bahkan termasuk berat. Pasalnya dia memutuskan bergabung dengan Persebaya karena ingin membawa tim menjadi juara. Konate meninggalkan Arema FC demi membela Persebaya di kompetisi Liga 1 2020.

Persebaya pun mengawali musim dengan hasil memuaskan. Mereka tampil sebagai juara di Piala Gubernur Jatim. Ini menjadi pemanasan yang ideal bagi Persebaya saat memasuki kompetisi. Namun liga harus berhenti karena pandemi Covid-19. Bahkan kompetisi Liga 1 baru bisa digelar lagi pada 2021 setelah beberapa kali mengalami penundaan.

Kami tetap menghormati keputusan pemain memang situasi sepak bola Indonesia masih tidak menentu

“Jujur, keputusan ini sulit,” kata Konate saat memutuskan untuk mundur dari Persebaya seperti dikutip laman resmi Liga Indonesia.

“Saya sudah terlanjur menjanjikan trofi juara pada Persebaya. Tetapi, situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Saya harus lanjutkan perjalanan. Insya Allah suatu saat saya kembali,” ujar Konate.

Pemain asal Mali itu berterima kasih kepada tim pelatih dan juga manajemen tim serta suporter Persebaya yang telah mendukungnya selama mengenakan jersey Persebaya. Manajemen sendiri menghormati keputusan mantan pemain Persib Bandung ini.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso pun menghormati keputusan yang diambil pemainnya. Dia memaklumi keputusan yang diambil Konate sebagai bagian dari risiko yang harus dihadapi tim.

“Kami tetap menghormati keputusan pemain memang situasi sepak bola Indonesia masih tidak menentu,” tutur Aji.

Sementara untuk posisi yang ditinggalkan duo pemain asingnya, Aji mengatakan berencana mencari pemain pengganti untuk mengisi posisi tersebut.

“Intinya kami akan cari pengganti mereka,” kata eks pelatih timnas U-23 ini menegaskan.

Pemain Asing yang Sukses

Konate termasuk pemain asing yang cukup lama bermain dan meraih sukses di Liga Indonesia. Dirinya pertama kali datang ke Indonesia saat memperkuat PSPS Pekanbaru 2012-13.

Dia kemudian pindah ke Barito dan meraih sukses di Persib. Pemain berusia 29 ini membawa Maung Bandung menjadi juara liga.

Konate sempat meninggalkan Indonesia dan pindah ke Malaysia untuk memperkuat T-Team. Konate hanya bertahan satu tahun dan kembali ke Indonesia. Konate seperti dinaungi keberuntungan karena hampir semua klub yang diperkuatnya pernah meraih trofi juara. *

Artikulli paraprak“Omah PSS”, Kantor Baru PT PSS
Artikulli tjetërDi Tengah Ketidakpastian Kompetisi, PSS Resmikan “Omah PSS”