Pemain timnas U-19 menjalani latihan yang dipimpin langsung pelatih Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

OLENAS.ID – Tidak ada istirahat atau libur bagi pelatih tim nasional Shin Tae-yong. Begitu tiba di Indonesia dari Korea Selatan pada Jumat (11/12/2020) malam WIB, Shin Tae-yong langsung memimpin latihan sesi latihan timnas U-19 pada Sabtu (12/12/2020) siang WIB.

Pelatih STY hanya beristirahat beberapa jam setelah tiba di Tanah Air. Selanjutnya, dia sudah berada di antara pemain untuk memberi instruksi selama latihan. Kehadiran pelatih asal Korsel ini memang sudah dinanti-nanti oleh skuat Garuda Muda yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Dia seharusnya memang sudah harus kembali ke Indonesia pada 1 Desember lalu. Namun karena alasan yang tidak disebutkan, mantan timnas Korsel di Piala Dunia 2018 ini baru tiba 10 hari kemudian.

“Masih banyak yang perlu kami benahi di pemusatan latihan ini. Fokus kami bagaimana fisik pemain harus ditingkatkan

“Saya langsung memimpin latihan timnas U-19. Harus diakui memantau pemain latihan secara langsung memang berbeda bila lewat virtual,” kata Shin Tae-yong yang sebelumnya selama satu bulan lebih melihat pemain latihan secara virtual.

“Masih banyak yang perlu kami benahi di pemusatan latihan ini. Fokus kami bagaimana fisik pemain harus ditingkatkan. Selain itu meningkatkan mental mereka dan memperbaiki performa pemain,” ujar dia seperti dikutip laman federasi.

Pada latihan pertama setelah kembali ke Indonesia, pelatih Shin sudah menyiapkan internal game. Para pemain pun menunjukkan semangat, kerja keras dan tempo permainan yang tinggi. Bahkan beberapa kali terjadi benturan antar pemain dan mereka mengalami kram sehingga harus mendapat perawatan tim medis di pinggir lapangan.

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan di Jakarta sejak 13 Oktober 2020. David Maulana dkk rencananya terbang ke Spanyol sebelum pergantian tahun untuk melakoni latihan lanjutan di negara Eropa itu.

Pemusatan latihan ini sendiri merupakan persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.*

Artikulli paraprakStaf Khusus Ketum PSSI Menilai Komentar Sesmenpora Tidak Elok
Artikulli tjetërPemain Timnas: Juggling Kuatkan Konsentrasi Pemain