Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago saat memberi instruksi dalam lathan tim. (Foto: istimewa)

OLENAS.ID – Persipura Jayapura langsung gerak cepat (gercep) setelah ditetapkan PSSI menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Klub telah mengirimkan seluruh syarat administrasi yang diminta PSSI untuk mengikuti kompetisi Asia itu tahun depan.

Persipura Jayapura dipaksa bekerja serba dadakan oleh PSSI. Sebelumnya, PSSI menunjuk juara Liga 1 2019 Bali United yang kembali berlaga di Piala AFC dan Persija Jakarta. Namun penunjukan Persija kemudian dibatalkan. Persipura yang mewakili Indonesia bersama Bali United.

Hanya, tim Mutiara Hitam harus bergerak cepat memenuhi persyaratan tersebut yang ditetapkan AFC. Menurut Asisten Manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun, Rabu (23/12/2020), ada beberapa persyaratan yang harus segera dipenuhi.

Saya mohon kepada beliau untuk melakukan koreksi sebelum dikirim ke AFC. Dengan demikian bila ada kekurangan bisa segera kami benahi

“Ada 4 persyaratan, yakni PTA (Participating Team Agreement), Club Information, warna jersey, dan sertifikat pencahayaan stadion,” ujar Bento.

Dia mengatakan syarat itu dikirimkan ke PSSI lewat email. Secara personal, Bento juga sudah berkomunikasi dengan Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Asisten Manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun. (Foto: istimewa)

“Saya mohon kepada beliau untuk melakukan koreksi sebelum dikirim ke AFC. Dengan demikian bila ada kekurangan bisa segera kami benahi. Sejauh ini tidak ada masalah karena PSSI sudah oke,” kata Bento lagi.

Bento berharap tidak ada kendala dengan segala persyaratan yang telah dilengkapi. Menurut dia baik persyaratan club information, stadion dengan segala kelengkapan dan foto serta sertifikasi pencahayaan telah dibereskan.

Ia juga memastikan jika Stadion Mandala yang diajukan menjadi home base sudah memiliki data-data sertifikasi dan sudah pernah dipakai untuk AFC. Bila persyaratan untuk stadion dipenuhi, tim asuhan Jacksen F. Tiago ini dipastikan bisa tampil di hadapan suporter di laga kandang.

“Kalau kami usulkan stadion lain belum tentu mendapatkan data dalam waktu kurang dari 24 jam, termasuk data hotel bintang 4 dan aspek lainnya. Begitu pula pencahayaan lampu stadion yang mencapai 1.200 lux,” tutur Bento seraya memohon dukungan doa dari semua masyarakat dan pendukung Persipura agar tim bisa kembali berkompetisi. (Paul)*

Artikulli paraprakPersib Bandung Desak PSSI Beri Kepastian Kompetisi
Artikulli tjetërGandeng UMKM, PSS Ingin Bantu Perekonomian di Sleman