fifa-batalkan-piala-dunia-u-20-2021-di-indonesia
FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2021 dan akan digelar 2023. Indonesia tetap jadi tuan rumah. (Foto: istimewa)

OLENAS.ID – Piala Dunia U-20 2021 batal digelar di Indonesia. Pandemi Covid-19 menjadikan FIFA membatalkan penyelenggaraan kejuaraan sepak bola yunior terakbar ini sampai 2023. Indonesia tetap diberi kesempatan oleh FIFA menjadi tuan rumah di event tersebut. FIFA juga membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Peru.

Teka-teki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 terjawab sudah. Adanya pandemi menjadikan kejuaraan mengalami ketidakpastian meski Indonesia tetap melakukan persiapan.

Apalagi belum semua konfederasi menggelar pertandingan kualifikasi, termasuk AFC yang menunda penyelenggaraan Piala Asia U-19 2020. Kejuaraan itu menjadi ajang kualifikasi ke Piala Dunia U-20.

Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang

Namun FIFA akhirnya membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia. Meski demikian, federasi sepak bola dunia tak mengubah status Indonesia sebagai tuan rumah.

“Akibat pandemi Covid-19, FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia FIFA U-17 2021 putra. Indonesia dan Peru tetap akan jadi tuan rumah pada edisi 2023,” demikian pernyataan FIFA.

FIFA mengakui pandemi terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggaraan acara olahraga internasional dan berdampak pada pembatasan perjalanan internasional. Ini menjadikan FIFA secara teratur berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta Konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen. Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global saat ini gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai dalam mengatasi tantangan terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

“FIFA mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru atas komitmen dan persiapan yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” demikian penjelasan FIFA.

Menanggapi keputusan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi dan menghormati keputusan FIFA. Menurut dia kelancaran acara serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala U-20 tetap menjadi prioritas utama.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021,” kata Iriawan.

“Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023,” ujar Iwan Bule, sapaannya.

Iriawan pun berharap dengan pembatalan ini, timnas Indonesia bisa memanfaatkan waktu untuk mematangkan persiapan sebelum bertanding di Piala U-20 2023.*

Artikulli paraprakGandeng UMKM, PSS Ingin Bantu Perekonomian di Sleman
Artikulli tjetërThoyib Pulang, Kini Berlabuh di Klub Yogyakarta Bima Perkasa