Bintang Barcelona Lionel Messi (kanan) menaruh respek kepada rivalnya, Cristiano Ronaldo (kiri). (Foto: sportkeeda.com)

OLENAS.ID – Rivalitas di lapangan hijau, namun keduanya menunjukkan sikap respek. Bintang Barcelona Lionel Messi mengakui dirinya tetap menaruh respek kepada rivalnya, Cristian Ronaldo, yang kini bermain di Juventus. Ronaldo, menurut dia, termasuk salah satu atlet yang layak mendapat respek karena pencapaiannya bagi klub maupun individu.

Messi dan Ronaldo tak ubahnya sebagai musuh abadi di arena. Rivalitas mereka tetap berlangsung meski Ronaldo meninggalkan La Liga Spanyol. Setelah sembilan tahun membela Real Madrid, kapten tim nasional Portugal ini pindah ke Juventus.

Namun mereka tetap bersaing. Apalagi, Juve dan Barcelona bertemu di penyisihan grup Liga Champions. Terakhir, Ronaldo mengalahkan Messi sebagai pesepak bola terbaik abad ini (Soccer Player of the Century).

Saya menghormati semua atlet yang sesungguhnya layak dihormati

Messi pun menaruh respek kepada rivalnya. Menurut bintang Argentina ini, tidak hanya Ronaldo tetapi beberapa atlet pantas mendapat penghormatan.

“Banyak atlet yang layak mendapat penghormatan,” kata Messi kepada Football Espana.

“Rafa Nadal, Roger Federer, LeBron James. Di sejumlah olahraga selalu ada atlet yang sangat dihargai dan pantas mendapat respek,” ujar dia.

Menurut pesepak bola yang sudah 6 kali memenangi Ballon d’Or ini pencapaian mereka dan sikapnya dalam keseharian menunjukkan bila mereka layak mendapatkan penghormatan. “Mereka dihargai karena prestasi dan apa yang dilakukannya di keseharian,” kata Messi.

Cristiano Ronaldo merupakan contoh lain di sepak bola. Tetapi masih banyak yang lain. Saya menghormati semua atlet yang sesungguhnya layak dihormati,” ucap pemain yang sudah memenangi puluhan trofi bersama Barca ini.

Persaingan Perebutkan Ballon d’Or

Perseteruan Messi dan Ronaldo tidak hanya untuk klub tetapi juga individu. Sejak 2008, mereka menguasai penghargaan Ballon d’Or. Bila Messi sudah enam kali memenangi, Ronaldo tercatat 5 kali meraih Ballon d’Or.

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan). (Foto: Bleacherreport.com)

Tidak hanya di arena, tetapi mereka juga bersaing menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi. Begitu pula dengan kekayaan mereka karena Ronaldo dan Messi sama-sama tajir. Mereka mendapat pemasukan dari gaji sebagai pesepak bola, endorse produk, model iklan sampai dari media sosial seperti Instagram.

Meski bersaing ketat, namun tak pernah sepatah kata negatif keluar dari mulut mereka terhadap sang rival. Baik Ronaldo maupun Messi juga tak pernah saling menghujat dan menunjukkan sikap profesional.

“Saya tak pernah meihat dia [Messi] sebagai rival. Dia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk tim, begitu pula saya. Saya selalu mendapati hal yang baik dari dia. Saya yakin dia akan mengatakan hal sama bila Anda menanyakannya pada dia. Kami punya hubungan yang baik,” kata Ronaldo yang sebelumnya menjadi bintang Manchester United.

Dalam satu atau dua dekade ini, perseteruan di sepak bola memang tidak hanya melibatkan klub-klub besar apakah di kompetisi domestik maupun Eropa. Namun rivalitas Messi dan Ronaldo menjadi salah satu yang mewarnai arena.*