Pemain depan Ousmane Dembele (kedua dari kiri) menyelamatkan Barcelona dari kekalahan saat menjamu Eibar. (Foto: fcbarcelona.com)

OLENAS.ID – Kompetisi La Liga Spanyol masih jauh dari garis finis. Bahkan paruh musim 2020-21 belum terselesaikan. Namun Barcelona sudah menyerah dalam perburuan titel liga. Pelatih Barca sendiri, Ronald Koeman, yang sudah mengangkat bendera putih. Dia secara tidak langsung menyebut satu klub yang berpeluang meraih gelar juara.

Kegagalan meraih poin setelah ditahan klub papan bawah Eibar 1-1 menjadikan Barcelona gagal memperbaiki posisinya di klasemen sementara. Hasil imbang dalam duel di kandang sendiri di Stadion Camp Nou, Selasa (29/12/2020) dini hari WIB menjadikan Barca tertahan di peringkat 6 dengan poin 25.

Tak hanya itu, Barca nyaris kalah di pertandingan tersebut karena kecolongan gol oleh Kike Garcia. Beruntung, Ousmane Dembele menyelamatkan Blaugrana dari kekalahan setelah mencetak gol di babak kedua. Barca yang di laga itu kehilangan sang kapten Lionel Messi, seharusnya mampu menang bila eksekusi penalti Martin Braithwaite tidak gagal. Selain itu gol dia dianulir karena offside.

Atletico tim yang bagus dan kuat. Mereka juga kemasukan sedikit gol

Hasil imbang di kandang sendiri jelas sangat mengecewakan. Ini tak ubahnya kekalahan bagi Barca. Apalagi, mereka menghadapi tim papan bawah yang seharusnya bisa dikalahkan.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman (kanan) bersikap realistis terkait peluang tim memperebutkan titel La Liga Spanyol. (Foto: fcbarcelona.com)

Tambahan satu poin menjadikan Barca kian tertingggal Atletico Madrid. Kini, Los Cules sudah terpaut 10 poin dari rivalnya. Selain unggul jauh, Atletico masih menyimpan dua pertandingan. Ini memungkinkan bagi Los Rojiblancos untuk makin menjauh dari pesaingnya. Sementara di peringkat dua ada Real Madrid yang memiliki poin 33.

Tertinggal poin cukup jauh dari Atletico menjadikan Koeman berpikir realistis. Menurut dia Barca sudah sulit bersaing memperebutkan gelar juara liga. Ironis karena Koeman menyerah saat kompetisi belum berakhir. Bahkan liga sesungguhnya belum menyelesaikan paruh pertama kompetisi. Dia mengakui hal yang luar biasa bila musim ini Barca mampu memenangkan liga.

“Saya realistis saja bila peluang meraih titel liga kian sulit,” kata Koeman seperti dikutip The Sun.

“Memang tidak ada yang tidak mungkin. Tetapi kami harus menyadari jarak poin saat ini,” ujar eks pelatih timnas Belanda ini.

Koeman juga menyebut Atletico sebagai tim yang bagus dan kuat. Mereka juga jarang kebobolan sehingga menjadi poin penting dalam perburuan trofi.

“Atletico tim yang bagus dan kuat. Mereka juga kemasukan sedikit gol,” kata Koeman lagi.

Persaingan di papan atas memang penuh gejolak. Sebelumnya Real Sociedad sempat menguasai tampuk kekuasaan. Namun performa mereka melorot sehingga digeser Atletico.

Pasukan Diego Simeone pun tercatat paling sedikit kebobolan, namun tercatat salah satu yang produktif dalam urusan mencetak gol. Sampai laga ke-14, juara La Liga 2014 ini hanya kemasukan lima gol.*

Artikulli paraprakRonaldo, Rival yang Dihormati Lionel Messi
Artikulli tjetërSpirit of Super Elja Dalam Mural di Omah PSS