Klub fokus menghadapi musim baru setelah kompetisi dibatalkan. Kapten PSS Sleman Bagus Nirwanto di sebuah pertandingan liga. (foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Klub-klub Liga 1 dan Liga 2 tak ingin menunggu tanpa ada kepastian. Mereka pun sepakat kompetisi musim 2020-21 dibatalkan dan memilih fokus menyambut musim baru. PSSI pun menindaklanjuti dengan membatalkan kompetisi.

PSSI akhirnya resmi membatalkan kompetisi. Sebelumnya, federasi bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi berusaha keras melanjutkan liga di tengah pandemi Covid-19. Hanya, Polri tak mengeluarkan izin keramaian sehingga Liga 1 dan Liga 2 tak kunjung dilanjutkan.

Terakhir, PSSI menyatakan kompetisi dilanjutkan pada Februari 2021. Namun sampai akhir tahun 2020, PT LIB tetap tak mendapat izin. Klub pun tak melakukan persiapan.

Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru

Tidak adanya persiapan dari klub menjadi sinyal bila kompetisi hampir dipastikan tidak akan digelar. Ini dikuatkan saat klub mengadakan pertemuan dengan PT LIB.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan dalam pertemuan itu, mayoritas klub Liga 1 dan Liga 2 menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. Klub memilih fokus menghadapi musim baru ketimbang melanjutkan liga yang belum ada kepastian.

“Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” ujar Sudjarno.

Klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan agar PT LIB sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri. Dengan demikian klub mendapat kepastian soal kompetisi. Klub akan lebih mudah mempersiapkan musim kompetisi 2021.*

Artikulli paraprakMan City yang ke-8, Tetapi Man United Kembali ke Puncak
Artikulli tjetërCerita di Balik Free Kick Fernandes Saat Man United Singkirkan Liverpool