Gelandang Manchester United Paul Pogba saat membobol gawang Fulham di pertandingan Liga Premier Inggris. (Foto: olenas.id/thesun,co,uk)

OLENAS.ID – Manchester City menjadi tim ke-8 yang menduduki posisi puncak klasemen Liga Premier Inggris setelah menggeser Leicester City. Namun Man City hanya beberapa jam berada di posisi itu karena kemudian dilengserkan Manchester United yang kembali menguasai tahta klasemen usai mengalahkan Fulham 2-1 di Stadion Craven Cottage, Kamis (21/1/2021) dii hari WIB.

Persaingan memperebutkan tahta klasemen yang sangat dinamis. Manchester City yang sempat terseok-seok di awal musim akhirnya bisa nangkring di posisi teratas setelah menang 2-0 atas Aston Villa. Kemenangan itu menjadikan The Cityzens mengumpulkan poin 38 sekaligus menggusur Leicester City dari puncak klasemen.

Sayangnya, mereka tak bisa berlama-lama berada di posisi itu. Man United yang menjadi rival satu kota kini membayangi mereka. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer kembali ke puncak setelah menang atas Fulham. Gelandang Paul Pogba menjadi bintang kemenangan setelah tendangan voli spektakuler dia membobol gawang tuan rumah di menit 65.

Tentu saya senang dengan kemenangan ini. Harus diakui tak mudah untuk menang di sini [Craven Cottage]

Sebelumnya, Man United tertinggal lebih dulu lewat gol Ademola Lookman yang kemudian disamakan striker veteran Edinson Cavani. Sedangkan gol penentu kemenangan dihasilkan Pogba. Hasil itu menjadikan Man United mencatat rekor tak terkalahkan selama 17 laga tandang di kompetisi domestik. Ini menyamai rekor di musim 1999 saat The Red Devils meraih treble.

Meski menang, Solskjaer rupanya sempat kesal dengan performa tim. Dia menyebut pemain perlu ‘panggilan agar bangun tidur’ demi membalikkan keadaan. Hanya, dia tetap puas dengan hasil akhir di laga tandang yang membawa juara Liga Champions tiga kali ini kembali ke puncak.

“Tentu saya senang dengan kemenangan ini. Harus diakui tak mudah untuk menang di sini [Craven Cottage]. Bahkan belum apa-apa kami sudah tertinggal 1-0. Menurut saya yang kami butuhkan adalah panggilan agar bangun tidur,” kata Solskjaer seperti dikutip The Sun.

Solskjaer Puji Pogba

Solskjaer pun tak segan memuji Pogba yang kembali menunjukkan performa terbaik. Di laga sebelumnya, pemain timnas Prancis ini membuang peluang saat melawan Liverpool di Anfield. Bila kesempatan itu bisa dikonversi gol, Man United bakal mengalahkan sang juara bertahan sekaligus mengukuhkan posisi di puncak klasemen. Dalam duel besar itu sendiri, mereka bermain imbang 0-0.

“Dia menikmati permainan sepak bola. Secara mental, dia tampak bahagia. Sedangkan secara fisik, dia dalam kondisi bagus. SEmua tahu talenta dia,” ucap Solskjaer.

“Di laga ini, saya memutuskan dia bermain di tengah. Ternyata itu tidak salah,” kata pria asal Norwegia ini.

Kemenangan atas Fulham menjadikan Man United mengantongi poin 40. Unggul dua poin dari Man City yang berada di peringkat dua. Hanya, tim asuhan Pep Guardiola diuntungkan karena menyimpan satu pertandingan tunda.

Sedangkan Leicester yang memiliki poin sama dengan Man City berada di peringkat tiga. Liverpool sendiri menduduki peringkat empat dengan poin 34.*