Gelandang Manchester United Bruno Fernandes mencetak gol penentuan di laga Piala FA melawan Liverpool di Stadion OLd Trafford, Senin (25/1/2021). (Foto: olenas.id/dailymail.co.uk)

OLENAS.ID – Manchester United tak terkalahkan setiap kali bertemu Liverpool musim ini. Dalam duel kedua dari tim raksasa Liga Premier Inggris yang tersaji di babak ke-4 Piala FA ini di Stadion Old Trafford, Senin (25/1/2021) dini hari WIB, Man United menang 3-2. Tendangan bebas atau free kick gelandang Bruno Fernandes menjadi penentu kemenangan Man Unted. Ada cerita menarik soal free kick itu ternyata.

Final kepagian karena duel di babak ke-4 itu mempertemukan dua tim besar Liga Inggris. Duel ini menjadi yang terbesar d antara pertandingan lain di babak itu. Kedua tim pun menurunkan skuat terbaik meski Man United membangkucadangkan kiper David de Gea dan Fernandes.

Gara-gara tak dijadikan sebagai starter oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer membuat Fernandes menambah porsi latihan tendangan bebas usai latihan tim. Tidak tanggung-tanggung, pemain timnas Portugal ini berlatih sendirian selama 45 menit. Bahkan Fernandes menolak saat diminta Solskjaer meninggalkan latihan.

Saya memang sudah yakin dia akan mencetak gol begitu mendapat peluang

Latihan keras Fernandes ternyata tak sia-sia. Masuk menggantikan Donny van de Beek di babak kedua, dia menjadi penentu kemenangan setelah tendangan bebas dia dari luar kotak penalti membobol gawang Liverpool. Man United pun lolos ke babak ke-5 untuk menghadapi tim Liga Premier lainnya, West Ham United.

“Gol yang luar biasa. Tendangan bebas yang bagus,” kata Solskjaer yang habis-habisan memuji Fernandes seperti dikutip Daily Mail.

“Kapan pun menjadi starter, dia tidak diam saja. Dia memang tak senang saat saya meminta untuk meninggalkan lapangan usai latihan,” ucap dia lagi.

“Tetapi dia tahu tidak dimainkan sejak pertama. Jadi, dia memilih tetap bertahan dan berlatih selama 45 menit. Ternyata, ini memberi hasil. Saya memang sudah yakin dia akan mencetak gol begitu mendapat peluang,” kata Solskjaer.

Pemain depan Liverpool Mohamed Salah saat menaklukkan kiper Manchester Unted Dean Henderson dan membawa tim unggul lebih dulu dalam duel di Piala FA di Stadion Old Trafford, Senin (25/1/2021). (Foto: olenas.id/dailymail.co.uk)

Di big match itu, Man United dan Liverpool sama-sama menunjukkan performa terbaik. Bahkan pasukan Juergen Klopp unggul lebih dulu melalui Mohamed Salah di menit 18.

Namun keunggulan juara liga 2020 tak bertahan lama. Pemain sayap Man United Mason Greenwood menyamakan kedudukan menit 26. Bahkan The Red Devils berbalik unggul setelah Marcus Rashford mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 saat babak kedua baru dimulai.

Namun, lagi-lagi, Salah menaklukkan kiper Dean Henderson. Saat kedudukan 2-2, Fernandes sukses menaklukkan kiper Alisson yang mengubah skor menjadi 3-2.

Jaga Rekor Lawan Liverpool

Hasil itu tidak hanya menjadikan Man United melaju ke babak selanjutnya, tetapi juga mempertahankan rekor tak terkalahkan melawan The Reds musim ini. Sebelumnya di Anfield, markas Liverpool, di kompetisi Liga Inggris, Man United hanya mampu bermain imbang 0-0. Hasil yang mengecewakan karena Man United menguasai permainan dan mendapat dua peluang emas melalui Fernandes dan Paul Pogba.

bruno-fernandes-habiskan-45-menit-berlatih-tendangan-bebas,-kata-ole
Gelandang Manchester United Bruno Fernandes merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Liverpool di laga Piala FA di Stadion Old Trafford, Senin (25/1/2021). (Foto: olenas.id/antaranews.com)

“Fantastis karena kami bisa mengalahkan juara liga musim lalu. Kami bermain sebagai tim dan menemukan cara yang membuat pemain tampil percaya diri,” ujar Solskjaer yang menyebut timnya kian kuat secara mental. Ini terlihat dengan kemampuan mereka untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan.

“Kami makin kuat secara mental. Kami berhasil bangkit setelah tertinggal 1-0. Secara fisik, kami juga lebih kuat. Lihat saja perbedaan dibandingkan enam bulan lalu. Kami makin membaik dan memenangkan pertandingan yang ketat. Kepercayaan diri dan moral pemain sangat bagus,” ucapnya.*

Artikulli paraprakAlasan Klub Minta Kompetisi Dibatalkan Saja
Artikulli tjetërLampard Dipecat, Tuchel Jadi Manajer Chelsea