Kiper Bhayangkara Solo FC Wahyu Tri Nugroho (tengah) dkk saat menjalani latihan. (Foto: olenas.id/bhayangkarasolofc.id)

OLENAS.ID – Bhayangkara Solo FC segera melakukan persiapan menghadapi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Klub bakal memanggil pemain karena tim memulai latihan pada Rabu (24/2/2021).

Turnamen itu bakal berlangsung di Stadion Manahan (Solo), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion GBLA (Bandung), dan Stadion Kanjuruhan (Malang). Meski bermarkas di Solo, namun Bhayangkara FC tidak menjadi tuan rumah dan bermain di Sleman.

Manajer Bhayangkara Solo FC, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan pengumpulan pemain. Menurut dia Wahyu Tri Nugroho dan kawan-kawan segera berlatih rutin di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS).

Semua pemain ikut latihan, termasuk pemain asing

“Pemain dijadwalkan sudah sampai Solo hari ini (Minggu, red). Selanjutnya kami melaksanakan swab test untuk semuanya,” kata Yogi, Minggu (21/2/2021).

Dia menuturkan hasil tes usap nanti menjadi patokan tentang jadwal latihan. Dirinya berharap seluruh elemen tim dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19.

“Apabila hasil tes oke, maka dilanjutkan dengan latihan di hari Rabu. Semua pemain ikut latihan, termasuk pemain asing,” ujar perwira polisi berpangkat melati dua tersebut menegaskan.

Piala Menpora 2021 rencananya digelar 20 Maret hingga 25 April 2021. Turnamen itu menjadi pelepas dahaga seluruh klub Liga Indonesia yang hampir setahun vakum akibat pandemi Covid-19. Tak hanya itu, Piala Menpora menjadi pemanasan tim sebelum berlaga di kompetisi.

Kepolisian menyatakan akan mengeluarkan surat resmi dengan mementingkan kesehatan dan keselamatan. Klub juga wajib menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Dalam rapat kami sepakat untuk berikan kesempatan tentunya dengan catatan bahwa penegakan prokes (protokol kesehatan) itu menjadi syarat utama,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Tentunya dengan adanya kesepakatan tersebut, kami harus sama-sama menjaga komitmen, baik klub bola, pemain, dan suporter. Dimana pun nantinya apabila ini diselenggarakan, penegakan prokes itu jadi prioritas,” ujar dia.*