Pertandingan Persib Bandung melawan PSS Sleman di semifinal pertama Piala Menpora 2021. (Foto: ligaindonesiabaru.com)

OLENAS.ID – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert mengakui pertandingan melawan PSS Sleman pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/4/2021) malam, cukup melelahkan. Pemain harus berjuang keras sebelum meraih merebut kemenangan dengan skor 2-1.

“Mungkin karena Persib mencari kemenangan sehingga kami masih bisa bermain seperti ini. Bagi saya ini luar biasa,” kata pelatih Alberts saat memberikan keterangan pers.

Menurut pelatih asal Belanda ini kemenangan tersebut sudah sangat baik bagi Persib. Apalagi, Maung Bandung menghadapi lawan yang bermain di kandang sendiri dan sama-sama menargetkan kemenangan. Kendati demikian, Alberts menilai kedua tim belum menunjukkan permainan maksimal.

Kami berangkat ke Solo pada hari H. Karena bulan Ramadan tak memungkinkan waktu untuk bolak-balik Yogyakarta-Solo

“Saya menilai kedua tim belum memberikan permainan terbaik meski sama-sama ingin menang. Dengan pola permainan seperti ini, saya merasa juga akan ‘ngos-ngosan’,” kata dia.

Selama pertandingan, Persib memang dibuat kerepotan oleh PSS. Persib sempat kebobolan lebih dulu lewat sundulan striker muda PSS, Saddam Gaffar saat menyambut umpan dari bek sayap Samsul Arifin.

Usai menang di Maguwoharjo, Persib kembali menghadapi PSS di semifinal kedua di Stadion Manahan, Solo, 19 April 2021. Tim hanya butuh imbang untuk lolos ke final.

Meski bermain di Solo, namun Persib memilih bertahan di Yogyakarta. Pelatih ingin memaksimalkan latihan sekaligus memulihkan kesiapan pemain Persib menghadapi laga kedua.

“Kami berangkat ke Solo pada hari H. Karena bulan Ramadan tak memungkinkan waktu untuk bolak-balik Yogyakarta-Solo,” kata dia.

Pemain lini belakang Persib, Victor Igbonefo mengatakan jadwal pertandingan menyulitkan semua tim untuk bersiap-siap dari pertandingan satu ke pertandingan lain. Namun demikian, ia meyakini tim bisa lolos ke final.

“Ini pertandingan yang sulit. Lawan lebih unggul, tetapi kami tunjukkan semangat yang kuat,” kata Victor.*