pssi-minta-maaf-dan-sayangkan-sikap-suporter-persija-persib
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, menggelar pesta juara. (Foto:olenas.id/antaranews.com)

OLENAS.ID PSSI meminta maaf sekaligus menyayangkan sikap suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung yang diduga melakukan tindakan melanggar aturan setelah laga final Piala Menpora 2021, Minggu (25/4/2021).

“Kami mohon maaf. Insya Allah, kami akan lebih intens berkomunikasi dengan teman-teman suporter semua klub,” ujar Head of Department Suporter Development and Fan Engagement PSSI Budiman Dalimunthe dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin (26/4/2021).

Menurut Budiman, PSSI mengetahui suporter Persija melakukan perayaan dengan jumlah besar di beberapa wilayah Jakarta setelah dipastikan menjadi juara Piala Menpora 2021. Persija tampil sebagai juara setelah mengalahkan Persib 2-1 pada final kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu.

Pengurus The Jakmania pun sudah memberikan arahan kepada anggotanya untuk tidak datang ke stadion, nonton bareng dan melakukan konvoi kemenangan

Dengan hasil itu, Persija unggul agregat 4-1 atas Persib. Pasalnya pada final pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Persija menang 2-0.

Kekalahan dari Persija di laga final membuat pendukung Persib kecewa. Mereka kemudian  merusak kantor PT Persib Bandung dan melakukan razia (sweeping) terhadap kendaraan berplat B, yaitu plat nomor DKI Jakarta.

Budiman mengatakan PSSI sudah melakukan langkah-langkah untuk mencegah kejadian tersebut. Salah satunya, mereka berkomunikasi dengan pimpinan The Jakmania dan Bobotoh.

“Pengurus The Jakmania pun sudah memberikan arahan kepada anggotanya untuk tidak datang ke stadion, nonton bareng dan melakukan konvoi kemenangan. Di Solo, pendukung Persija mampu menahan diri untuk tidak turun ke jalan,” tutur dia.

Permintaan serupa juga disampaikan kepada Bobotoh melalui Ketua Umum Viking Persib Club Herru Joko sebelum laga final.

“Namun mereka secara spontan melakukan tindakan-tindakan yang membuat kerugian. Tentu hal ini sangat kami sayangkan dan semoga ke depan tidak terjadi lagi,” kata Budiman.

Kelakuan pendukung Persija dan Persib membuat Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegur langsung Budiman dan meminta divisi suporter PSSI untuk bekerja lebih keras agar kejadian serupa tidak terulang.*