Pelatih Sudirman. (Foto: Instagram/Persija)

OLENAS.ID – Sukses di Piala Menpora 2021 tak menjadi jaminan bagi pelatih Sudirman untuk tetap menangani Persija Jakarta. Sang jenderal, panggilan Sudirman, pun harus tersingkir. Dia terbentur dengan aturan yang mengharuskan setiap klub Liga 1 harus ditangani pelatih kepala yang berlisensi AFC Pro atau setara.

Aturan itu menjadikan Persija harus mencari pelatih baru. Saat ini sudah ada beberapa nama yang menjadi bidikan Persija. Akan tetapi hingga kini masih belum disampaikan oleh manajemen klub.

“Terkait pelatih, ini lagi masa rehat. Tapi kami sudah membidik beberapa pelatih dan tentunya berdiskusi dengan Coach Dirman dan manajemen,” kata Muhammad Prapanca, presiden Persija, seperti dilansir ligaindonesiabaru.com.

Dia akan membantu pelatih baru untuk beradaptasi. Sekaligus menyampaikan perkembangan tim selama menjalani turnamen Piala Menpora

“Ada beberapa kandidat pelatih. Kami akan umumkan begitu sudah mengerucut pilihannya,” ujar dia lagi.

Lebih lanjut Panca, sapaannya, memastikan status Sudirman masih di tim Persija. Mantan kapten tim nasional ini akan kembali menjadi asisten pelatih. Nantinya pelatih berkepala plontos ini akan memberikan masukan kepada pelatih baru terutama evaluasi selama menjalani Piala Menpora.

“Sekali lain, coach Dirman tetap di tim. Dia akan membantu pelatih baru untuk beradaptasi. Sekaligus menyampaikan perkembangan tim selama menjalani turnamen Piala Menpora,” kata Panca.

Sudirman sendiri siap membantu pelatih baru tersebut untuk bisa langsung tune-in dengan Andritany Ardhiyasa dkk. Tak hanya itu target terdekatnya meningkatkan level lisensi menjadi AFC Pro.

“Teman-teman saya sudah lebih dulu melatih di Liga 1 dan punya setifikat AFC Pro. Bagi saya, yang terpenting adalah fokus pada pekerjaan saya. Saat ini saya akan melanjutkan tugas saya yakni evaluasi yang nantinya diberikan ke pelatih baru tersebut,” ujar Sudirman.

Persija tampil sebagai juara Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan Persib Bandung dengan sistem dua laga final. Mereka menang 2-0 pada final pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pada laga kedua, Persija kembali menaklukkan rivalnya 2-1 di Stadion Manahan, Solo.

Sukses Macan Kemayoran kian lengkap setelah gelandang Marc Klok terpilih sebagai Pemain Terbaik.*