Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Oman. (Foto: olenas.id/PSSI.org)

OLENAS.ID – Pelatih tim nasional Shin Tae-yong fokus meningkatkan fisik para pemain menjelang laga uji coba melawan Oman di Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (29/5/2021). Peningkatan fisik menjadi yang terpenting selama sisa waktu latihan sebelum menghadapi Oman.

“Masih ada tiga sampai empat hari lagi hingga pertandingan. Kami harus meningkatkan fisik pemain. Iitu yang terpenting,” ujar Shin seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (26/5/2021).

Pelatih Shin berharap bisa mempersiapkan tim sebaik mungkin demi mendapatkan hasil yang bagus saat bersua Oman yang merupakan uji coba kedua sebelum berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, tim Merah Putih dipaksa menyerah 3-2 oleh Afghanistan dalam pertandingan uji coba pada Selasa (25/5/2021).

Ini memang sebuah proses. Jadi kami berusaha memainkan seluruh pemain, dan juga selama satu tahun enam bulan mereka tidak bermain di kompetisi

“Semoga kami bisa meraih hasil positif,” kata Shin lebih lanjut.

Pelatih asal Korea Selatan ini tak terlalu kecewa dengan kekalahan di uji coba pertama. Menurut dia tim sudah menunjukkan permainan terbaik. Apalagi pemain sudah cukup lama tidak berlaga di kompetisi.

Di laga lawan Afghanistan, timnas langsung kebobolan tiga gol. Namun mereka bisa memperkecil kekalahan melalui gol Egy Mualana Vikri dan Adam Alis

“Ini memang sebuah proses. Jadi kami berusaha memainkan seluruh pemain, dan juga selama satu tahun enam bulan mereka tidak bermain di kompetisi. Ini bisa bilang sebagai awal,” kata Shin.

“Ini merupakan perkembangan yang sangat baik. Babak pertama kemasukan tiga gol, namun di babak kedua kami bisa mengejar dan mencetak dua gol. Di situ saya melihat kegigihan dari para pemain, dan saya berterima kasih atas usahanya,” ucap eks pelatih timnas Korsel itu.

Gelandang timnas Adam Alis juga berharap skuat Garuda bangkit dan fokus menatap laga melawan Oman. Timnas, sebut Adam, perlu perubahan besar agar dapat meraup hasil baik di laga-laga berikutnya.

“Saat melawan Oman nanti, semoga kami bisa lebih kompak dan lebih kuat supaya kami siap untuk kualifikasi Piala Dunia 2022,” tutur Adam Alis

Pertandingan Indonesia menghadapi Oman sudah didaftarkan PSSI untuk menjadi laga A FIFA. Bila disetujui, hasil partai tersebut berpengaruh ke peringkat FIFA.

Partai uji coba melawan Afghanistan dan Oman menjadi bagian dari persiapan timnas untuk menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Di Grup G, yang seluruh pertandingannya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab, timnas akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, Vietnam pada 7 Juni 2021 dan UEA pada 11 Juni 2021.*

Artikulli paraprakMU Gagal Juara, Maguire Salahkan Laga Tanpa Suporter
Artikulli tjetërPSIS Semarang Siap Taati Hasil Kongres PSSI