Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) telah terbitkan izin keramaian. (Foto: Olenas.id/G. Susatyo)

OLENAS.ID – Kompetisi sepak bola nasional akhirnya kembali bergulir. Kepolisian Negera Republik Indonesia (Polri) menerbitkan izin penyelenggaraan kompetisi, yakni Liga 1 dan Liga 2. Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, secara terbuka di Mabes Polri pada Senin (31/5/2021).

Dalam jumpa pers yang juga dihadiri Menpora Zainudin Amali didampingi Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, Kapolri mengatakan, bahwa izin keramaian diterbitkan dengan catatan.

Jenderal polisi bintang empat ini berharap gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti pada turnamen pra musim Piala Menpora 2021.

Penyelenggaraan Piala Menpora menjadi evaluasi kami

“Karena itu, dari diskusi kami, kami putuskan dengan beberapa catatan bahwa keselamatan manusia merupakan hukum tertinggi dan senantiasa ditegakkan. Karena itu, dari hasil diskusi kami putuskan memberikan izin keramaian,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seperti dilansir laman resmi liga.

“Penyelenggaraan Piala Menpora menjadi evaluasi kami. Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus,” ujar dia melanjutkan.

Kapolri juga meminta para suporter untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangan secara tertib dari rumah masing-masing. Seperti diketahui, kompetisi musim ini masih akan digelar tanpa kehadiran suporter di stadion. Listyo menyatakan tegas pihaknya akan memberikan sanksi kepada yang melakukan pelanggaran terkait prokes.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali dalam keterangannya di Mabes Polri mengatakan bahwa kedatangannya untuk menindaklanjuti proses perizinan. Ia pun merasa senang izin akhirnya diterbitkan.

“Kedatangan saya dalam rangka meneruskan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tahun 2021-2022 seperti yang juga sudah kami lakukan pada saat izin turnamen Piala Menpora,” tutur Menpora.*

Artikulli paraprakPSIS Semarang Siap Taati Hasil Kongres PSSI
Artikulli tjetërGabung ke Barcelona, Ini yang Dijanjikan Sergio Aguero