Italia bukan tim unggulan di Euro 2020. Striker Italia Ciro Immobile (kanan) di sebuah pertandingan. (Foto: olenas.id/football-italia.net)

OLENAS.ID – Italia bukan tim unggulan di Euro 2020. Presiden FIGC Gabriele Gravina menyebut Italia tidak berada di ‘pole position’, namun mereka bisa melangkah jauh di turnamen sepak bola terbesar di Eropa itu.

Italia bersaing dengan Turki, Swiss dan Wales di penyisihan Grup A Euro 2020. Status sebagai salah satu tuan rumah menjadikan mereka unggulan di turnamen tersebut.

Apalagi, tim asuhan Roberto Mancini menunjukkan performa ciamik di babak kualifikasi. Bahkan mereka mampu menyajikan sepak bola menyerang. Wajah Italia yang agresif memang sudah berbeda dibandingkan di era sebelumnya yang bermain defensif.

Kami membangun sebuah proyek baru dengan anak muda yang penuh energi dan antusiasme

Meski memiliki persyaratan menjadi juara Eropa untuk kali kedua, namun Gravina menilai Gli Azzurri tak berada di posisi terdepan atau pole position.

The Nazionale tidak start di pole position. Banyak tim yang tidak kalah impresif di turnamen,” kata Gravina seperti dikutip Football Italia.

“Namun kami hadir di turnamen ini dengan penuh keyakinan. Kami membangun sebuah proyek baru dengan anak muda yang penuh energi dan antusiasme,” ujar dia.

Italia mengawali pertarungan dengan menghadapi Turki di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (12/6/2021) dini hari WIB. Ini juga menjadi laga pembuka Euro 2020.

Meski turnamen digelar di tengah pandemi Covid-19, namun pertandingan bisa disaksikan penonton. Di laga perdana itu bakal disaksikan 16 ribu penonton.

“Ini tak ubahnya pesan yang penuh harapan dan emosional karena menyaksikan banyak orang di Stadion Olimpico. Pertandingan itu juga bisa disaksikan di seluruh dunia. Ini pesan penuh harapan bagi siapa pun,” tutur Gravina.*

Artikulli paraprakInilah Trilogi Duel Kelas Berat Terkenal Sepanjang Masa
Artikulli tjetërKetika Sirkus Tinju Semakin Laku, Lalu?