Menteri Pemuda dan Olahraga Menpora, Zainudin Amali, (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Presiden Joko Widodo menyuarakan harapan dan keinginan rakyat Indonesia agar sepak bola nasional berprestasi tinggi. Dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) no.3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepak Bolaan Nasional menunjukkan keinginan dan harapan tersebut. Kompetisi berjenjang menjadi target dari Inpres tersebut karena menjadi cara untuk membangun sepak bola nasional.

Instruksi Presiden yang ditindaklanjuti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dengan melakukan sosialisasi ke berbagai daerah. Salah satunya di Yogyakarta pada Jumat (11/6/2021) dan Sabtu (12/6/2021). Dalam sosialisasi itu Menpora menggarisbawahi pentingnya pembinaan usia dini secara berjenjang.

“Dalam Inpres tersebut ada penugasan untuk masing-masing kementerian dan lembaga, khusus kepada Kemenpora, setidaknya ada 10 tugas,” kata Zainudin.

Untuk teknisnya bagaimana, itu menjadi kewenangan PSSI. Kami mendukung bahwa satu tugas itu bisa dilakukan dengan baik

“Dalam Inpres itu, yang menjadi perhatian salah satunya pembinaan usia dini secara berjenjang. Itu jadi salah satu fokus utama,” ujar dia melanjutkan.

Menurut Menpora setidaknya ada 10 tugas dari Presiden melalui Inpres itu kepada Kemenpora. Namun Kemenpora tak bisa bekerja sendiri sehingga harus menggandeng berbagai pihak, termasuk PSSI. Kementerian pun akan mempercayakan implementasi Inpres tersebut kepada federasi, termasuk implementasi sepak bola usia dini.

“Untuk teknisnya bagaimana, itu menjadi kewenangan PSSI. Kami mendukung bahwa satu tugas itu bisa dilakukan dengan baik,” kata dia lagi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menyambut baik perhatian khusus yang diberikan kepada sepak bola usia muda. Iwan menuturkan PSSI mengajukan pembinaan pemain di usia sekolah yang disinergikan dengan turnamen tahunan yang sudah ada, yaitu Piala Soeratin.

“Usulan dari PSSI ialah menggelar kompetisi yang ujungnya nanti akan disambut oleh turnamen usia dini yang digelar setiap tahun, yakni Piala Soeratin U-17 dan U-19,” ujar Iwan.*

Artikulli paraprakItalia Impresif di Euro 2020, Ini Jawaban Roberto Mancini
Artikulli tjetërPukulan Kanan Manny Pacquiao