Pemain depan Jerman Thomas Mueller (kiri) terpaksa absen lawan Hungaria di Euro 2020, Kamis dini hari WIB nanti. (Foto: Olenas.id/Twitter/EURO2020)

OLENAS.ID – Pemain depan Jerman Thomas Mueller belum bisa dipastikan tampil melawan Hungaria di laga terakhir Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Dia harus berpacu dengan waktu karena belum sepenuhnya pulih dari cedera lutut.

Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan bila Mueller masih menjalani perawatan akibat cedera lutut yang dialaminya ketika mengalahkan Portugal 4-2 pada Sabtu, 19 Juni 2021.  Sejak itu, Mueller belum mengikuti sesi latihan tim.

“Untuk Mueller, kami masih harus menunggu kondisi terakhir pemain. Dia akan menjalani pemeriksaan akhir. Selanjutnya kami akan melihat dan putuskan apakah mampu main atau tidak,” ujar Loew.

Namun pertandingan berikutnya bakal lebih sulit bila Hungaria bertahan dengan delapan atau sembilan pemain

Mueller menjadi satu-satunya pemain yang terancam absen karena tiga rekannya sudah pulih. Sebelumnya, Mats Hummels, Ilkay Gundogan dan Robin Gosens juga mengalami cedera di laga melawan Portugal. Namun Loew memastikan mereka sudah pulih dan cukup bugar untuk dimainkan. Hummels dkk sudah berlatih bersama rekan-rekannya.

Meski tanpa pemain veteran Bayern Munich ini, Jerman tetap bisa turun dengan skuat terbaik di laga penentuan ini. Kemenangan mengesankan atas Portugal memang mendongkrak mental dan kepercayaan diri pemain. Namun Loew mengingatkan pemain untuk tidak over confidence dan meremehkan lawan.

“Kami unggul dalam kecepatan dan menguasai bola dengan sangat baik saat melawan Portugal. Namun pertandingan berikutnya bakal lebih sulit bila Hungaria bertahan dengan delapan atau sembilan pemain. Mereka juga berbahaya dengan serangan balik,” ujar Loew seperti dikutip laman UEFA.

“Mereka menunjukkan sebagai tim yang berbahaya. Saya berharap kami tetap bisa bermain dengan kecepatan meski pertandingan bakal ketat. Kami harus bermain sabar,” ucapnya.

Jerman saat ini berada di posisi kedua Grup F dengan raihan tiga poin. Mereka tertinggal satu poin dari Prancis dan unggul head-to-head atas Portugal.

Kemenangan lawan Hungaria bakal mengantarkan Die Mannschaft lolos ke babak 16 besar. Namun bila bermain imbang, Jerman terpaksa menunggu hasil Portugal melawan Prancis. Bila Prancis tidak kalah, maka Jerman yang lolos.*

Artikulli paraprakItalia Terancam Minus Chiellini Lawan Austria
Artikulli tjetërDeontay Wilder Sudah Kalah Sebelum Naik Ring