Juventus menawarkan Aaron Ramsey (kiri) untuk mendapatkan kembali gelandang Barcelona Miralem Pjanic (kanan). (Foto: Olenas.id/caughtoffside.com)

OLENAS.ID – Juventus ingin membawa kembali gelandang Miralem Pjanic dari Barcelona yang ditukar dengan Arthur tahun lalu. Juve butuh Pjanic menyusul cedera yang dialami Arthur. Yang dilakukan Juve demi merekrut gelandang veteran itu?

Pertukaran Pjanic dan Arthur sepertinya tidak memberi hasil memuaskan bagi kedua klub. Pjanic yang moncer di Juve ternyata kurang bersinar di Barca. Pelatih Ronald Koeman lebih sering membangkucadangkan pemain tim nasional Bosnia ini.

Saat ditukar dengan Arthur, Barca berharap Pjanic mampu berperan di lini tengah tim. Bahkan Barca menepis tudingan bila pertukaran itu merugikan karena mendapatkan pemain yang tak lagi muda.

Kenyataannya, Pjanic memang gagal. Tak berkontribusi maksimal menjadikan Barca ingin melepas Pjanic. Lagipula, gaji pemain berusia 31 ini dinilai terlalu tinggi. Pjanic menerima gaji 9 juta euro atau Rp154 miliar setiap tahun.

Barca ingin melakukan pengurangan pengeluaran di sektor gaji. Piihannya tak lain melepas pemain bergaji tinggi, terutama yang tak memberi kontribusi. Ini dilakukan klub agar bisa menyelesaikan kontrak baru dengan sang bintang Lionel Messi.

Kontrak Messi di Barca sudah berakhir dan dia berstatus bebas transfer. Hanya, Barca tetap mempertahankan kapten timnas Argentina ini meski dirinya sudah mendapat tawaran dari sejumlah klub, di antaranya Manchester City dan Inter Milan.

Barca telah menyiapkan kontrak panjang berdurasi 5 tahun. Kontrak yang sudah pasti menggiurkan untuk pemain berusia 34. Demi mempertahankan Messi, Blaugrana dipastikan mengeluarkan dana yang tidak sedikit karena dia tetap berstatus pemain dengan bayaran mahal. Apalagi Messi sudah membawa Barca meraih sukses.

Bila menjual Pjanic, Barca setidaknya memiliki dana untuk mendapatkan tanda tangan Messi. Kebetulan lagi, menurut Gazzetta dello Sport, Juve ingin memboyong kembali Pjanic.

Pasalnya, Bianconeri bakal kekurangan pemain tengah karena Arthur terpaksa beristirahat setelah menjalani operasi akibat cedera yang dialaminya. Gelandang asal Brasil ini setidaknya absen selama tiga bulan karena harus menjalani pemulihan.

Juve sendiri menyiapkan gelandang Aaron Ramsey sebagai bagian dari pembelian Pjanic. Hanya, tawaran Ramsey kemungkinan besar ditolak Barca.

Apalagi, gaji eks pemain Arsenal ini termasuk tinggi. Dirinya mendapat 7,5 juta euro atau Rp128 miliar setiap tahun di Juve. Bila melepas Pjanic, Barca malah mendapatkan pemain yang bergaji tidak kalah tinggi.*

Artikulli paraprakOlivier Giroud, Striker Gaek yang Diharapkan Hapus Kutukan No 9 AC Milan
Artikulli tjetërTarget Gagal, Lewandowski Jadi Sasaran Chelsea dan Manchester City