Striker Bayern Munich Robert Lewandowski yang diburu Chelsea dan Manchester City. (Foto: Olenas.id/Thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Chelsea dan Manchester City gagal mendapatkan pemain yang menjadi target. Buntutnya, striker Bayern Munich Robert Lewandowski menjadi sasaran dua klub raksasa Liga Premier Inggris ini.

Chelsea menjadikan striker Erling Halaand sebagai target untuk menambah daya gedor bersama Timo Werner. Tidak tanggung-tanggung, The Blues mengajukan harga 150 juta poundsterling atau Rp2,9 triliun ditambah seorang pemain kepada Borussia Dortmund untuk pembelian Halaand.

Hanya, Dortmund enggan melepas Halaand yang sesungguhnya juga dibidik Manchester United. Selain itu Real Madrid mengincar penyerang tim nasional Norwegia ini. Namun Dortmund mempertahankan mesin gol andalannya.

Gagal menggaet Halaand, Chelsea beralih pada penyerang yang juga bermain di Bundesliga Jerman. Lewandowski menjadi target teranyar juara Liga Champions ini.

Manajer Thomas Tuchel menilai Lewandoski merupakan pilihan terbaik untuk menggantian Halaand. Chelsea memang butuh pemain depan setelah melepas Olivier Giroud ke AC Milan. Sedangkan striker Danny Drinkwater dipinjamkan ke klub Turki.

Kini, Chelsea hanya memiliki Werner, Tammy Abraham dan Callum Hudson-Odoi. Menurut rencana, Abraham juga akan dilepas The Blues. Ini berarti klub hanya mengandalkan Werner dan Hudson-Odoi sebagai center forward. Mereka ditopang Ross Barkley dan Christian Pulisic ditambah Kai Havertz yang bermain di sayap atau second striker.

Persoalannya tidak hanya Chelsea yang memburu Lewandowski. Rival mereka di kompetisi domestik, Man City, juga membidik kapten timnas Polandia ini.

Man City bernasib sama dengan Chelsea setelah gagal membujuk Tottenham Hotspur agar bersedia melepas Harry Kane. Padahal The Citizens mengajukan harga 100 juta poundsterling atau Rp1,9 triliun untuk transfer kapten timnas Inggris ini.

Tawaran itu langsung ditolak Tottenham sehingga Man City mencari alternatif pemain depan. Juara Liga Inggris ini memang memburu striker untuk menggantikan Sergio Aguero yang sudah berakhir masa kontraknya.

Lewandowski menjadi target Man City meski harus bersaing dengan Chelsea. Bagi Pep Guardiola, manajer Man City, striker berusia 32 ini memang sudah tak asing. Dirinya pernah menangani Lewandowski saat melatih Bayern sebelum bergabung dengan Man City.

Lewandowski yang sukses memecahkan rekor legenda Bayern Gerd Muller setelah mencetak 41 gol di Bundesliga musim lalu memang memasuki masa akhir di klub. Kontraknya di Bayern tersisa dua tahun lagi. Namun pemain bergaji 300 ribu poundsterling atau Rp5,6 miliar ditambah bonus setiap pekan ini belum menunjukkan memperbarui kontraknya.

Bayern dan Lewandowski sepertinya belum mencapai kesepakatan terkait perbaruan kontrak. Lewandowski tak ingin gajinya diturunkan bila mendapat tawaran perpanjangan kontrak. Namun klub menilai era eks striker Dortmund ini segera berakhir sehingga nilai kontrak bisa mengalami penyusutan.

Tawaran dari dua klub Inggris bisa menjadikan Bayern melepas Lewandowski. Apalagi, klub masih bisa melepasnya dengan harga cukup tinggi. Mungkinkah FC Hollywood melepas sang legenda?*

Artikulli paraprakIngin Bawa Kembali Pjanic dari Barcelona, Ini yang Dilakukan Juventus
Artikulli tjetërInter Milan Kembalikan Radja Nainggolan ke Cagliari