Pertandingan klub Liga 1, PS Sleman melawan Bali United. Liga 1 akan disponsori perusahaan keuangan. (Foto: Olenas.id/Liga Indonesia Baru)

OLENAS.ID – Kompetisi sepak bola nasional bakal mendapat sponsor utama baru. Liga 1 tak lagi didukung perusahaan marketplace atau platform e Commerce. Musim 2021-22 ini sebuah perusahaan yang bergerak di sektor keuangan yang akan mensponsorinya.

Perusahaan keuangan kembali mendukung sepak bola nasional. Bukan yang pertama memang sebuah perusahaan finansial yang mensponsori liga.

Pada era sebelumnya ada Bank Mandiri yang menjadi sponsor titel sehingga kompetisi diberi nama Liga Bank Mandiri. Selain itu ada QNB Bank yang pernah akan mensponsor liga sebelum gagal digulirkan.

Sponsornya dari sektor keuangan. Jadi ketika kami tak bekerja sama lagi dengan sponsor utama musim lalu

Tidak hanya satu atau dua perusahaan perbankan yang turut mendukung kompetisi. Namun mereka memilih mensponsori klub dan bukan liga.

Bank memang tak asing mendukung sepak bola di berbagai liga di dunia. Masih ingat dulu ada bank dari Indonesia yang memasang ad board di pertandingan Liga Inggris.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memastikan bila sponsor utama Liga 1 musim 2021-2022 adalah perusahaan yang bergerak di sektor keuangan. Sebagai sponsor utama, maka perusahaan itu akan melekat dengan nama Liga 1.

Dengan demikian, perusahaan marketplace Shopee tak lagi menjadi sponsor utama. Ini berarti perusahaan e Commerce tersebut hanya bertahan beberapa musim di Liga 1.

“Sponsornya dari sektor keuangan. Jadi ketika kami tak bekerja sama lagi dengan sponsor utama musim lalu,” ujar Akhmad Hadian seperti dilansir antaranews di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

“Kami mengajukan proposal ke beberapa pihak dan banyak pula yang tertarik. Namun, memang yang baru ini yang paling cocok,” kata dia lebih lanjut.

Akhmad Hadian menuturkan bila sponsor utama itu rencananya diumumkan kepada masyarakat pada 9 Juli 2021 atau bertepatan dengan kickoff Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Namun publikasi belum dilakukan lantaran pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta PSSI dan LIB untuk menunda pelaksanaan liga. Ini terkait meningginya kasus Covid-19, khususnya di kawasan Jawa-Bali.

“Kami akan mengumumkannya dalam waktu dekat setelah rekomendasi baru (dari Satgas Penanganan Covid-19-red) keluar. Ini keputusan bersama dengan sponsor,” kata Akhmad Hadian.

Meski demikian, dia masih belum mau memberitahukan soal nama perusahaan yang menjadi sponsor utama Liga 1 2021-2022 tersebut.

Sebelumnya, pada akhir Juni 2021, PSSI dan LIB memutuskan bahwa Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021-2022, yang rencananya dimulai 9 Juli 2021, ditunda sampai akhir Juli 2021. Ini berarti, Liga 1 kemungkinan bergulir mulai pertengahan Agustus 2021. Sementara Liga 2 dijadwalkan berlangsung mulai September 2021.*

Artikulli paraprakInter Milan Kembalikan Radja Nainggolan ke Cagliari
Artikulli tjetërPavel Nedved: Cristiano Ronaldo Bertahan di Juventus