Manchester United memboyong bek Real Madrid Raphael Varane. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Manchester United hampir dipastikan menggaet bek tengah Real Madrid Raphael Varane. Madrid telah melepasnya. Man Utd dan Varane pun sudah mencapai kesepakatan personal. Kehadiran bek berusia 28 ini menjadikan manajer Ole Gunnar Solskjaer dalam tekanan.

Varane tinggal selangkah lagi bergabung dengan Man Utd. Dirinya hanya perlu menyelesaikan tes medis sebelum menandatangani kontrak yang berdurasi empat tahun dengan tambahan satu tahun.

Kontrak Varane di Real Madrid sesungguhnya tersisa satu tahun lagi. Hanya, dia menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Los Blancos. Varane disebut-sebut menolak tawaran tersebut karena sebelumnya sudah mencapai kesepakatan dengan Man Utd.

Perekrutan yang mengesankan

Negosiasi The Red Devils dengan Varanne memang berjalan mulus. Bahkan sebelumnya sudah beredar kabar bila Varane bakal bergabung dengan klub Liga Premier Inggris itu.

Man Utd harus merogoh kocek 34,2 juta poundsterling atau Rp687 miliar dengan penambahan 8,5 juta poundsterling atau Rp170 miliar untuk mendatangkan bek tim nasional Prancis ini. Total transfer bek yang turut membawa Madrid memenangi Liga Champions sampai empat kali ini ke Man Utd sebesar 42,7 juta poundsterling atau Rp857 miliar.

“Manchester United dengan penuh suka cita mengumumkan bahwa klub telah mencapai kesepakatan dengan Real Madrid untuk transfer bek timnas Prancis dan pemenang Piala Dunia, Raphael Varane. Dirinya akan menjalani tes medis dan kesepakatan dengan pemain segera difinalisasi,” demikian statemen resmi dari Man Utd.

Madrid pun memastikan bila Varane sudah dilepas dan bergabung dengan Man Utd. “Real Madrid CF dan Manchester United FC sudah sepakat dengan transfer Raphael Varane. Klub berterima kasih atas profesional dan perilaku yang bisa menjadi teladan selama 10 musim Anda mengenakan jersey kami. Bersama Anda, kami memenangi 18 titel,” demikian keterangan Madrid.

Perekrutan Varane yang dilakukan Man Utd mendapat dukungan dari eks bek tengah klub Rio Ferdinand. Mantan pemain timnas Inggris ini mengaku sudah tak sabar menyaksikan Varane berduet dengan Harry Maguire di jantung pertahanan.

“Perekrutan yang mengesankan. Sebelumnya memang sudah ada pembicaraan [terkait kepindahan Varane], sejak bursa transfer dibuka,” ucap Ferdinand.

Kian Sesak

Kedatangan Varane menjadikan sektor pertahanan Man Utd kian sesak. Di sektor bek tengah, selain Maguire, sudah ada Victor Lindelof, Eric Bailly dan Phil Jones. Namun mereka memang tidak sepenuhnya menempati posisi tersebut dan bisa digeser ke posisi berbeda. Jones, misalnya, sudah lebih sering dimainkan sebagai gelandang bertahan. Begitu pula Lindelof dan Bailly bisa menjadi full back.

Di sisi lain, Varane akan menjadikan Solskjaer dalam tekanan. Manajer yang baru saja diperbarui kontraknya di Man Utd ini harus segera memenuhi harapan membawa tim memenangi Liga Premier. Apalagi, Man Utd juga sudah mendatangkan pemain sayap Inggris Jadon Sancho dari Borussia Dortmund.

Keinginan Solskjaer mendapatkan pemain yang bisa menyempurnakan skuat memang mulai dipenuhi klub. Kini, dirinya dihadapkan pada tuntutan membawa tim menjadi juara liga.

Ya, setelah ditinggalkan manajer legendaris Sir Alex Ferguson delapan tahun lalu, Man Utd tak pernah lagi memenangi trofi liga. Bersama Ferguson selama hampir 23 tahun, Man Utd mencatat rekor 20 kali menjadi juara liga. Saat Ferguson pensiun, tim selalu gagal di kompetisi. Mereka hanya mampu meraih gelar Liga Europa (2017), Piala FA (2016), Piala Liga (2017) dan Community Shield (2016).

Musim lalu, Solskjaer hanya mampu menjadi runner up liga setelah kalah bersaing dengan rival satu kota, Manchester City. Padahal, Man Utd sempat menduduki puncak klasemen sebelum dilengserkan Man City.

Man Utd sesungguhnya mendapat kesempatan memenangi Liga Europa setelah mencapai final. Namun mereka dihajar Villarreal di pertandingan puncak.*

Artikulli paraprakMakin Banyak Petinju Pro di Olimpiade Tokyo 2020
Artikulli tjetërBaalla Tiru Aksi Tyson Gigit Kuping di Olimpiade Tokyo 2020