Kapten Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona. (Foto: olenas.id/marca.com)

OLENAS.ID – Kisah legendaris Lionel Messi di Barcelona berakhir sudah. Selama 20 tahun, Messi yang sudah bergabung dengan Barca sejak usia 13 harus pergi karena aturan La Liga Spanyol yang menggagalkan dia untuk tetap di Camp Nou.

Barcelona mengonfirmasi perpisahan dengan megabintang Messi karena tidak menandatangani kontrak baru. Kontrak kapten tim nasional Argentina ini memang sudah berakhir pada 30 Juni 2021. Dirinya pun sudah berstatus bebas transfer dan bisa bergabung dengan klub mana pun.

Hanya, Barca tetap berharap Messi bertahan. Begitu pula Messi sesungguhnya tak ingin meninggalkan Blaugrana. Dirinya berharap segera menandatangani kesepakatan berdurasi lima tahun sebelum musim baru dimulai.

Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak akan terpenuhi

Skenario itu sesungguhnya berjalan mulus. Usai membawa Argentina memenangani Copa America 2021, Messi pun segera menyelesaikan negosiasi kontrak baru. Sang legenda yang mencetak banyak rekor ini dan klub membahas kontrak pada Kamis (5/8/2021). Namun pertemuan itu tidak berjalan dengan baik dan Barcelona mengonfirmasi bahwa Messi tidak lagi kembali ke Camp Nou.

Lionel Messi mencari klub baru setelah hengkang dari Barcelona. (Foto: olenas.id/twitter)

“Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru hari ini, tetapi itu tidak dapat terjadi karena kendala ekonomi dan struktural.” Demikian keterangan Barcelona di laman resmi klub.

Pembatasan Gaji Pemain

Klub terbentur dengan aturan La Liga karena Barca melakukan negosiasi dengan Messi yang berstatus tanpa klub. Peraturan La Liga menetapkan pembatasan gaji pemain (yang baru bergabung) sehingga tidak memungkinkan Barca memberikan gaji kepada pemain yang sudah 705 kali membela Los Cules ini sebesar 71 juta euro.

Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona

Ini yang menyebabkan Barca gagal mempertahankan Messi. Berbeda bila peraih Ballon d’Or enam kali ini masih terikat kontrak dengan Barca. Dirinya bisa mendapat gaji tinggi dalam kontrak barunya. Klub pun bisa mengabaikan aturan pembatasan gaji karena Barca memperbarui kontrak pemain lama.

“Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak akan terpenuhi.”

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan berharap yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya.”

Kini, Messi mencari klub baru. Meski sudah berusia 34, namun sang legenda masih menjadi buruan klub top.*

Artikulli paraprakJalani Tes Medis, Jack Grealish Segera Gabung ke Manchester City
Artikulli tjetërTernyata, Petinju Pro Mampu Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020