Menteri Pemuda dan Olahraga Menpora, Zainudin Amali, (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Kompetisi sepak bola mundur lagi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengumumkan Liga 1 2021/22 yang semula akan bergulir pada 20 Agustus 2021 mundur satu pekan menjadi 27 Agustus 2021.

Menpora Zainudin Amali menyatakan liga mundur pada konperensi pers virtual, Senin (9/8/2021). Keputusan itu berdasarkan hasil pembahasan Menpora dengan kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari pertemuan itu, kepolisian dan BNPB sepakat kickoff liga pada 27 Agustus. Menurut Menpora liga bisa bergulir setelah adanya penurunan pandemi Covid-19. Hanya, ada kesepakatan kompetisi mundur satu pekan.

Sudah dikomunikasikan kepada PSSI, dan PSSI tidak keberatan dengan keputusan itu. Secara teknis mereka segera mempersiapkan

“Setelah diskusi ada kesepakatan liga bergulir kembali. Ini setelah melihat penurunan yang signifikan dan pemberlakuan PPKM Mikro atau yang sekarang diterapkan dengan level tertentu,” kata Zainudin.

“Kesepakatannya bahwa Liga 1 2021/22 mulai pada tanggal 27 Agustus,” ujar dia.

Ini berarti untuk kali ketiga, liga mundur pelaksanaannya. Semula kickoff liga pada 9 Juli yang kemudian berubah menjadi 20 Agustus. Pertimbangannya angka Covid-19 yang terus menanjak sehingga pemerintah menerapkan PPKM darurat.

Hanya, jadwal liga akhirnya mundur lagi. Dengan keputusan itu, secara otomatis Liga 2 juga ikut mundur. Menpora menuturkan bila PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak keberatan dengan keputusan itu.

“Kami sudah berkomunikasi dengan PSSI, dan PSSI tidak keberatan dengan keputusan itu. Secara teknis mereka segera mempersiapkan,” ujar Menpora

Menurut Zainudin Amali, PSSI dan PT LIB yang menetapkan tempat penyelenggaraan. Prinsipnya, pelaksanaan liga di daerah atau kota yang level penyebarannya rendah.

“Soal tempat PSSI dan PT LIB segera menentukan penyelenggaraannya. Yang pasti sudah ditentukan level penyebaran Covid yang rendah,” tutur dia.*

Artikulli paraprakTernyata, Petinju Pro Mampu Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020
Artikulli tjetërTiga Asisten Shin Tae-yong Mundur Dengan Alasan Personal