liga-inggris:-arsenal-menangi-derby-london-atas-chelsea
Chelsea kembali melakoni London derby dengan menghadapi Arsenal malam ini. (Foto: olenas.id/antaranews.com)

OLENAS.ID – Chelsea diunggulkan saat melakoni London Derby kedua di Liga Premier Inggris. Klub London Barat ini membidik kemenangan kedua saat menghadapi Arsenal di Stadion Emirates, London, Minggu (22/8/2021) pukul 22.30 WIB.

Chelsea, berturut-turut, bertemu dua tim London. Pada laga pertama kompetisi, The Blues menang telak 3-0 atas Crystal Palace.

Kemenangan itu menunjukkan tren positif tim asuhan Thomas Tuchel setelah menjadi juara di Liga Champions dan kemudian memenangi UEFA Super Cup dengan mengalahkan Villarreal. Performa kenceng Timo Werner dkk menjadi unggulan dalam duel melawan Arsenal.

Sementara, Arsenal berharap bangkit setelah menelan kekalahan menyakitkan di laga pembuka Liga Premier. Tim London Utara ini secara menyejutkan dipaksa menyerah 2-0 oleh tim promosi Brentford. Kekalahan yang mengakibatkan The Gunners berada di papan bawah klasemen.

Tak ada pilihan bagi Arsenal kecuali memenangkan derby di kandang sendiri. Bila kembali gagal, Arsenal kian terpuruk dan manajer Mikael Arteta terancam pemecatan.

Arsenal memang memiliki catatan bagus pada pertemuan terakhir melawan Chelsea di Emirates musim lalu. Saat itu, mereka menang 3-1 melalui gol Alexandre Lacazette, Granit Xhaka dan Bukayo Saka.

Kini, Arteta ingin mengulang sukses tersebut meski belum bisa menurunkan skuat terbaik. Kapten Pierre-Emerick Aubameyang tampaknya belum bisa tampil karena belum sembuh dari Covid-19. Sementara, Lacazette yang juga terpapar virus itu sudah kembali berlatih tetapi kemungkinan belum bermain penuh atau bahkan absen di laga tersebut.

Arsenal bermain dengan skema 4-2-3-1 di laga terakhir. Namun Arteta kemungkinan besar memainkan tiga bek untuk menangkal striker Romelu Lukaku yang kembali ke Chelsea setelah direkrut dari Inter Milan.

Kiper Bernd Leo akan kembali berdiri di bawah mistar. Dirinya mendapat dukungan dari bek tengah Pablo Mari yang bahu-membahu dengan Ben White dan Kieran Tierney.

Sektor tengah akan menjadi pertarungan yang sesungguhnya. Bila Chelsea memiliki deretan gelandang papan atas, sebaliknya Arsenal kurang mumpuni di sektor tersebut. Gelandang Albert Sambi Lokonga dan Xhaka bakal melapis pertahanan sekaligus merusak permainan lawan.

Sementara, Saka, salah satu gelandang kreatif Arsenal, bakal bermain di sayap kanan dan pemain senior Hector Bellerin menyisir bagian kiri. Bila Cedric yang diturunkan dan bukan Bellerin, maka Saka akan berpindah ke kiri.

Lini depan Arsenal yang masih bermasalah karena kurang menyalak. Tanpa Aubameyang dan Lacazette, barisan penyerang bisa kesulitan menghadapi kokohnya pertahanan Chelsea. Arteta akan mengandalkan Gabriel Martinelli sebagai centre forward. Martinelli sudah mencapai kematangan dan seharusnya menjadi starter. Dia mendapat dukungan dari Emile Smith Rowe di sayap kiri dan Nicolas Pepe yang beroperasi di kandang.

Chelsea Dapat Kabar Bagus

Kabar bagus bagi Chelsea karena Hakim Ziyech dan N’Golo Kante sudah fit sehingga bisa tampil di derby. Romelu yang menjadi pemain termahal Chelsea bakal menjadi starter. Sedangkan Christian Pulisic dan Ruben Loftus-Cheek absen karena Covid-19.

Tuchel tidak melakukan perombakan pada skuat. Dengan formasi 3-4-2-1, kiper Edouard Mendy kembali menjadi pilihan pertama meski Kepa Arrizabalaga tampil gemilang di UEFA Super Cup. Bek Trevoh Chalobah yang belakangan kian melejit dan membuktikan sebagai pemain belakang yang tangguh akan menempati posisi kanan. Dirinya bahu-membahu dengan Andreas Christensen dan Antonio Rudiger.

Di tengah, bila Kante bisa tampil maka dia yang akan menempati posisi gelandang bertahan bersama Jorginho. Dengan demikian, Mateo Kovacic duduk di bangku cadangan. Bek sayap Cesar Azpilicueta akan bermain di kanan dan Marcos Alonso berada di sayap kiri untuk bertemu dengan Saka.

Lini depan Chelsea bakal menjadi ancaman berbahaya Arsenal. Tidak hanya Lukaku, tetapi Werner yang menjadi starter menyusul absennya Pulisic dan Mason Mount bakal merepotkan tuan rumah.

Ini yang menjadikan juara Liga Champions dua kali ini sebagai unggulan di derby tersebut. Bursa pun mengunggulkan tim tamu dengan nge-voor Arsenal 3/4 (3/4:0). Artinya peluang menang Chelsea cukup besar.

Bahkan bursa memprediksi mereka bisa menang minimal dua gol. Bila menang dengan selisih satu gol, mereka yang memegang Chelsea hanya menang separuh.

Sebaliknya, Arsenal harus bekerja keras bila ingin membalikkan keadaan. Tuan rumah memiliki modal bagus karena selalu menang pada pertemuan pertama dari empat laga terakhir sejak 2004.

Hanya, meriam Arsenal memang bermasalah bila duet Aubameyang dan Lacazette masih absen. Sebaliknya, Chelsea kian garang dengan masuknya Lukaku. Adaptasi dia pun tak sulit karena pernah menjadi andalan Everton dan Manchester United.

Prakiraan Susunan Pemain
Arsenal (3-4-3):
Leno; White, Mari, Tierney; Saka, Lokonga, Xhaka, Bellerin; Pepe, Martinelli, Smith Rowe

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Chalobah, Christensen, Rudiger; Azpilicueta, Kante, Jorginho, Alonso; Werner, Mount; Lukaku

Bursa
Arsenal vs Chelsea 3/4:0 (tips Arsenal)*

Artikulli paraprakGol Diogo dan Sadio Mane, Liverpool ke Puncak Liga Inggris
Artikulli tjetërPolesan Surealis ala Shin Tae Yong