Persib Bandung menjalani latihan yang diikuti semua pemain. (Foto: olenas.id/ligaindonesiabaru.com)

OLENAS.ID – Persib Bandung akhirnya bisa menggelar latihan bersama secara penuh di salah satu lapangan baru di tengah Kota Bandung, Kamis (26/8/2021). Sebelumnya tim hanya bisa melakukan latihan dalam kelompok kecil atas dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai persiapan mengarungi BRI Liga 1.

Para pemain seperti Marc Klok, Mohammed Rashid, dan Geoffrey Castillion sudah bergabung dengan tim. Pelatih Robert Rene Albert juga akan memantau kondisi kebugaran pemain lain. Itu akan lebih terlihat dalam agenda uji coba pada Sabtu mendatang.

Persib memang harus mengejar ketertinggalan dari tim-tim lain yang sudah memulai persiapan lebih dulu. Pasalnya tim baru bisa komplet menjelang pelaksanaan kompetisi yang tinggal hitungan hari.

Kami bisa berlatih sebagai tim. Sedangkan sore harinya kami berlatih lagi di gym

Robert pun menerapkan latihan sehari dua kali di sesi-sesi awal latihan pekan ini. Selanjutnya, Maung Bandung akan menggelar laga uji coba melawan tim usia muda.

“Kabar bagus karena kami akhirnya secara resmi mendapat izin berlatih bersama. Kami harus mempersiapkan tim di waktu yang singkat ini dan berlatih dua kali sehari,” kata Robert seperti dikutip laman liga.

“Kami bisa berlatih sebagai tim. Sedangkan sore harinya kami berlatih lagi di gym. Kami juga bisa latihan dengan kondisi lapangan yang bagus di GBLA,” ujar dia lagi.

Program Latihan Persib Bersifat Fleksibel

Pelatih asal Belanda ini menuturkan program latihan tim bersifat fleksibel. Ini berkaitan dengan jadwal bertanding tim yang baru bisa diketahui dalam beberapa hari ke depan. Namun Robert memperkirakan Persib baru akan bertanding pada awal September 2021

Tim peserta liga memang belum mengetahui jadwal kompetisi karena PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator liga, baru merilis tiga pertandingan pertama. Mereka yang akan bertanding di antaranya Bali United vs Persik Kediri, Persipura Jayapura vs Persita Tangerang, dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh.

“Kami belum tahu pasti kapan akan bermain. Jadi, kami melakukan program latihan yang normal. Meski demikian, kami harus fleksibel karena sebagai antisipasi jika tiba-tiba kami harus bermain tanggal 3, 4, atau 5 dan kami belum tahu itu,” ujar Robert.

“Dari info yang kami dapat, Persib baru akan tampil pada awal September. Jadi kami harus fleksibel,” kata eks pelatih PSM Makassar ini.*

Artikulli paraprakPSSI-LIB Tanggung Biaya Prokes Liga, Termasuk PCR
Artikulli tjetërPS Sleman Sudah Amankan Gelandang Asing, Tinggal Tunggu Striker