Cristiano Ronaldo tinggalkan Juventus dan kembali ke Manchester United. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Pemain bintang Cristiano Ronaldo secara sensasional meninggalkan Juventus. Dirinya secara mengejutkan pula kembali ke klub lama yang membesarkannya, Manchester United.

Ronaldo pernah berjanji bakal kembali ke Man Utd sesaat setelah klub Liga Premier Inggris ini melepasnya ke Real Madrid pada 2009. Dirinya memenuhi janji setelah ingin meninggalkan Juve.

Juve sendiri memang berharap melepas pemain berusia 36 ini karena beban gaji yang sangat besar. Pasalnya, raksasa Serie A Italia harus merogoh kocek sampai 900 ribu poundsterling setiap pekan untuk gaji Ronaldo. Sementara, klub mengalami krisis menyusul pandemi Covid-19.

Bila Anda bertanya pada saya, dia yang terbesar

Apalagi, Juve tetap gagal meraih trofi Liga Champions meski sudah memboyong Ronaldo. Padahal saat mendatangkan pemain tersebut, Juve berharap bisa mengangkat piala kuping lebar. Yang terjadi, La Vecchia Signora tidak hanya gagal di kompetisi Eropa tetapi juga harus kehilangan Scudetto musim lalu.

Ronaldo pun disebut-sebut bakal bergabung dengan Paris Saint-Germain saat Juve sudah ingin melepasnya. Setelah mendapatkan Lionel Messi, PSG berambisi memboyong kapten tim nasional Portugal ini. PSG bermimpi menyatukan Ronaldo dengan Messi dan Neymar.

Selain PSG, Manchester City turut membidik peraih Ballon d’Or lima kali ini. Setelah gagal mendatangkan striker Harry Kane yang memutuskan bertahan di Tottenham Hotspur, juara Liga Premier ini beralih pada Ronaldo.

Hanya, Ronaldo menepis tawaran The Cityzens karena dirinya tetap mencintai klub rival di Manchester itu. Apalagi, The Red Devils masih mampu memberikan gaji tinggi kepada Ronaldo. Jadilah dia memilih kembali ke Old Trafford meski Man City menawarkan gaji lebih besar ketimbang Man Utd.

“Bila Cristiano meninggalkan Juventus, dia tahu kami ada di sini,” kata manajer Man Utd Ole Gunnar Solskjaer seperti dikutip The Sun.

Manchester United menyambut sang legenda, Cristiano Ronaldo. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

“Kami sering berkomunikasi. Bruno [Fernandes] pun rutin berbicara dengan dia. Jelas, dia adalah legenda klub ini. Bila Anda bertanya pada saya, dia yang terbesar,” ucapnya.

Peran Sir Alex Ferguson

Ronaldo bisa kembali ke Man Utd karena peran manajer legendaris Sir Alex Ferguson. Kabar yang beredar, Ferguson melakukan pembicaraan secara intensif dengan CR7 sejak Jumat lalu. Terutama setelah pelatih Juve Massimiliano Allegri menyatakan Ronaldo bakal hengkang.

“Kemarin, Cristiano menyampaikan kepada saya kali dia tak ingin bertahan di Juventus. Saya tak sepenuhnya kecewa. Dia sudah membuat keputusan,” ucap Allegri.

Menurut rencana, Ronaldo menjalani tes medis di Lisbon. Dirinya pun sudah terbang ke Portugal dengan jet pribadinya.

Ronaldo menjalani tes setelah Man Utd mencapai kesepakatan harga 25 juta poundsterling dengan Juve. Sang pemain sendiri mendapat kontrak dua tahun dengan menerima bayaran 410 ribu poundsterling setiap pekan ditambah bonus.*