Manchester City menjadi klub dengan skuat termahal setelah membeli Jack Grealish (kiri). (Foto: olenas.id/twitter)

OLENAS.ID – Manchester City mengukuhkan diri sebagai klub dengan skuat paling mahal di antara semua klub dalam lima liga teratas Eropa. Rival satu kota, Manchester United, menyusul di peringkat dua. Sedangkan nilai skuat raksasa La Liga Spanyol Barcelona hanya separuh dari Man City.

Man City menjadi yang termahal dengan mengalahkan Real Madrid yang biasa jor-joran dalam pembelian pemain. Ini berdasarkan penelitian dari kelompok riset independen CIES Football Observatory. Dalam studi tahunan lembaga riset yang berbasis di Swiss ini menghitung biaya seluruh tim elite liga-liga Eropa berdasarkan biaya transfer, termasuk bonus.

Laporan edisi tahun ini, menurut The Sun, menyebutkan Man City memiliki skuat yang harganya 924,5 juta poundsterling atau sekitar Rp18,1 triliun. Ini termasuk pengeluaran sebesar 100 juta poundsterling hanya untuk pembelian gelandang tim nasional Inggris Jack Grealish dari Aston Villa.

Sebagai perbandingan, klub Liga Premier Inggris lainnya, Norwich City hanya memiliki skuat senilai 87 juta euro. Sedangkan skuat The Citizens hampir mencapai 1 miliar euro.

Man Utd yang menjadi pesaing Man City menempati urutan kedua dengan kekuatan 878,5 juta poundsterling (Rp17,2 triliun). Pemegang rekor juara Liga Inggris 20 kali ini menggelontorkan dana besar untuk menggaet Jadon Sancho dari Borussia Dortmund.

Selanjutnya, The Red Devils memboyong kembali sang bintang Cristiano Ronaldo dari Juventus. Setelah meninggalkan Old Trafford untuk bergabung dengan Madrid dan Juve, Ronaldo akhirnya balik kandang ke klub yang membesarkannya, Man Utd.

Paris Saint-Germain menempati urutan ketiga dengan pengeluaran senilai 806 juta poundsterling atau sekitar Rp15,8 triliun. Sedangkan Madrid di peringkat empat dengan 675,9 juta poundsterling (Rp13,2 triliun) dan Chelsea dengan 669 juta poundsterling (Rp13,1 triliun).

Klub-klub Liga Inggris, utamanya big six mendominasi 10 besar. Liverpool menduduki peringkat lima dengan memiliki skuat menilai 557,1 juta poundsterling atau Rp11,3 triliun). Arsenal yang jeblok di kompetisi dan menduduki dasar klasemen sudah mengucurkan 541 juta poundsterling atau Rp10,6 triliun.

Barcelona yang tengah melakukan penghematan memiliki skuat yang cukup ‘murah’. Berada di urutan sembilan, Barca memiliki pengeluaran 496,4 juta poundsterling (Rp9,7 triliun). Angka itu hanya lebih dari separuh dibandingkan Man City.*

Artikulli paraprakInsiden Tendangan Kungfu, Pemain AHHA PS Pati Dipulangkan dan Minta Maaf
Artikulli tjetërArema FC Gagal Menang Lawan 10 Pemain Bhayangkara FC