Adu tajam striker Tottenham Hotspur Harry Kane (kanan) dan striker Chelsea Romelu Lukaku (kiri) dalam London Derby. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Tottenham Hotspur kembali melakoni laga sesama tim London di Liga Premier Inggris. Kali ini, Tottenham menjamu Chelsea dalam London Derby di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu (19/9/2021) pukul 22.30 WIB malam ini. Chelsea menjadi unggulan meski bermain di kandang lawan dalam derby kali ini.

Tottenham kurang beruntung saat bertemu tim London musim ini. Dalam duel terakhir liga, Tottenham menghadapi tetangganya, Crystal Palace. Hasilnya, Palace menghajar sang rival 3-0.

Kekalahan yang mengejutkan karena Palace justru tak berkutik saat bertemu Chelsea. Pada laga pertama liga, tim London Barat yang bermain di kandang sendiri itu menghabisi Palace 3-0.

Usai mengalahkan Palace, The Blues bertemu tim London berikutnya, Arsenal. Meski bermain di kandang Lawan, Chelsea masih terlalu perkasa bagi tuan rumah yang bermarkas di London Utara itu. Mereka menang 2-0 lewat gol Romelu Lukaku dan Reece James

Chelsea memang memiliki rekor sempurna dalam London Derby. Sebaliknya, Tottenham sudah KO di derby pertama. Ini yang menjadikan manajer Nuno Espirito Santo tak ingin memetik hasil buruk untuk derby kedua saat menjamu Chelsea.

Tak menjadi unggulan meski bermain di kandang sendiri tak membuat dia cemas karena Tottenham tetap berpeluang meraih tiga poin. Namun The Lilywhites memang harus bekerja keras. Mereka menghadapi tim kuat, juara Liga Champions, dan di laga terakhir menang 3-0 atas Aston Villa.

Tren positif ini berlanjut di ajang Liga Champions. Chelsea sukses menaklukkan Zenit St Petersburg 1-0. Ini menjadikan Santo harus waspada karena timnya menghadapi lawan yang on fire.

Santo tetap menggelar skema 4-3-1-2 dengan melakukan perubahan di sektor belakang. Bek Japhet Tanganga absen setelah mendapat kartu merah di laga melawan Palace. Sedangkan Eric Dier masih menjalani pemulihan.

Ini berarti, dia harus mengandalkan Emerson Royal dan Sergio Reguilon sebagai full back. Posisi bek tengah ditempati Davinson Sanchez dan Cristian Romero yang akan melakukan debut di laga ini. Kuartet tersebut membentengi kapten Hugo Lloris yang berdiri di bawah mistar.

Di tengah, gelandang Tanguy Ndombele yang melakukan debut melawan Rennes musim ini akan menjadi tumpuan. Kreativitas dia dalam menghidupkan sektor tengah menjadi harapan untuk mengimbangi The Blues. Di laga tersebut, dia mendapat topangan dari Pierre-Emile Hojbjerg dan Oliver Skipp.

Gelandang Dele Alli bakal mengambil posisi no 10. Dia mendapat kebebasan untuk bergerak di belakang pemain depan. Namun Alli juga beroperasi di tengah. Dirinya menjadi penyeimbang dan menjaga aliran bola untuk Son Heung-min dan Harry Kane.

Persoalannya Son tidak dalam kondisi terbaik. Bila tidak fit, Bryan Gill akan menjadi starter mendampingi Kane. Problem lain, Kane belum menunjukkan ketajamannya. Setelah gagal pindah, kapten tim nasional Inggris ini masih bermasalah dengan finishing touch.

Kante Kembali Perkuat Chelsea

Sementara, Chelsea mendapat angin segar dengan kembalinya gelandang N’Golo Kante yang sudah fit. Namun Christian Pulisic masih belum pulih dari cedera sehingga absen di laga ini.

Manajer Thomas Tuchel menggelar skema 3-4-2-1 dengan kiper Edouard Mendy berdiri di bawah mistar. Duo Cesar Azpilicueta dan Antonio Rudiger tetap menjadi starter. Sedangkan Andreas Christensen menggantikan Thiago Silva di posisi bek tengah.

Selanjutnya, James beroperasi sebagai bek sayap kanan dan Marcos Alonso yang tengah mencapai performa terbaik bermain di kiri. Jorginho dan Kante kembali berduet sebagai gelandang bertahan. Dengan kembalinya Kante, maka Mateo Kovacic bakal duduk di bench.

Duet Mason Mount dan Kai Havertz akan beroperasi sebagai gelandang serang. Havertz menjadi pilihan pertama sehingga Hakim Ziyech harus antre di bangku cadangan.

Lukaku yang in form bakal menjadi andalan sebagai ujung tombak tunggal. Mantan penyerang Inter Milan ini telah mengemas empat gol di empat laga di berbagai kompetisi. Sedangkan Timo Werner bisa menjadi opsi. Namun pemain depan Jerman ini juga bisa menempati posisi sebagai gelandang serang.

Chelsea yang bermodalkan skuat ampuh dan rekor pertemuan dengan Tottenham yang bagus menjadikan mereka sebagai unggulan. Bursa justru nge-voor tuan rumah (Tottenham) 3/4:0. Artinya Chelsea diprediksi mampu menang minimal dua gol. Bila Chelsea menang 1-0, mereka yang menjagokan juara Liga Champions dua kali ini hanya mendapat separuh (menang setengah).

Dalam catatan pertemuan kedua tim, Chelsea selalu menang pada dua laga tandang terakhir. Sebaliknya, Tottenham memang apes dalam London Derby. Mereka kalah empat kali dari enam pertemuan melawan Chelsea.

Ini yang menjadikan Tottenham tak berstatus unggulan meski bermain di hadapan pendukung sendiri. Mereka memang harus bekerja keras dan bermain ofensif demi memburu kemenangan.

Santo tetap optimistis klub London Utara ini mampu membalikkan prediksi. Dia berharap duet Kane dan Son kembali menunjukkan ketajamannya saat menghadapi benteng pertahanan Chelsea yang memang kuat.

Prakiraan Susunan Pemain
Tottenham Hotspur (4-3-1-2):
Lloris; Emerson, Sanchez, Romero, Reguilon; Hojbjerg, Skipp, Ndombele; Alli; Kane, Son

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Azpilicueta, Christensen, Rudiger; James, Jorginho, Kante, Alonso; Mount, Havertz; Lukaku

Bursa
Tottenham vs Chelsea 3/4:0 (tips Tottenham)*

Artikel sebelumyaBig Match Bali United Vs Persib Bandung, Ini Janji Melvin Platje
Artikel berikutnyaPersib Bandung Masih Bisa Tampilkan Pemain Timnas di Liga