shin-minta-timnas-u-23-percaya-diri-pada-leg-kedua-kontra-australia
Pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong. (Foto: olenas.id/antaranews.com)

OLENAS.ID – Lupakan kekalahan dan tim nasional U-23 harus fokus pada laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 kontra Australia U-23, Jumat (29/10/2021). Pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong meminta pemain untuk lebih percaya diri demi membalikkan keadaan.

Indonesia U-23 sudah menunjukkan performa bagus pada laga pertama. Hanya, mereka harus mengakui keunggulan Australia dengan skor tipis 3-2 di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021).

Kekalahan itu memang menyulitkan Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Mereka harus menang minimal dua gol agar bisa menyingkirkan Australia sekaligus merebut tiket ke Uzbekistan. Sebaliknya, Australia hanya butuh imbang untuk berlaga di Piala Asia.

Saya tidak senang kami kalah, tetapi saya memuji pemain yang tidak menyerah sampai akhir

“Seharusnya itu bisa dilakukan karena kami membuat dua gol pada pertemuan pertama. Pemain harus yakin pada diri sendiri dan tim,” ujar Shin seperti dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Menurut Shin dari segi teknik pemain timnas sudah tampil bagus. Namun pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin pemain menunjukkan mentalitas seperti saat mengalami kekalahan dari Australia.

Bagaimana tidak, dalam analisis Shin, pemain terlihat gentar sejak awal pertandingan. Pasalnya, mereka menghadapi lawan dengan fisik yang kuat.

“Itu membuat mereka tak bisa mengeluarkan performa maksimal,” tutur pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas Beri Perlawanan Ketat

Timnas memang memberi perlawanan ketat terhadap Australia. Sempat tertinggal dua gol dalam tempo yang singkat melalui Marc Tokich (53) dan Patrick Wood (59), Indonesia mampu membalas saat Witan Sulaeman mencetak gol menit 67.

Namun Australia berhasil memperbesar keunggulan Jacob Italiano menit 77. Indonesia hanya bisa memperkecil kekalahan melalui Taufik Hidayat menjelang akhir pertandingan.

Sikap pemain Indonesia yang pantang menyerah sampai akhir pun membuat Shin melontarkan pujian. “Saya tidak senang kami kalah, tetapi saya memuji pemain yang tidak menyerah sampai akhir,” tutur Shin.

Timnas U-23 Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia U-23 2022. Bila hanya menang satu gol, pertandingan akan langsung berlanjut adu penalti tanpa perpanjangan waktu.*

Artikulli paraprakPSIS Semarang atau Persib Bandung, Jaga Rekor Tak Terkalahkan
Artikulli tjetërPerebutkan Hadiah Rp270 Juta, Yuzu Isotonic Akmil Open 2021 Hadirkan Klub-klub Elite