Kiper Chelsea Edouard Mendy gagal menyelamatkan gawang dari tendangan pemain West Ham United Arthur Masuaku di Liga Premier Inggris, Sabtu (4/12/2021). (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – West Ham United menjadi batu sandungan Chelsea. Dalam London Derby di Liga Premier Inggris yang digelar di kandang West Ham di Stadion London, Sabtu (4/12/2021), tuan rumah menang 3-2 atas Chelsea. Kekalahan dari West Ham membuat mereka mendapat ancamn dari Manchester City dan Liverpool.

Kekalahan itu menjadikan posisi Chelsea terancam. Apa pasalnya? Meski masih bertengger di puncak klasemen Liga Premier, namun The Blues terancam lengser dari posisinya.

Chelsea yang memiliki poin 33 hanya unggul satu poin dari Manchester City yang menduduki peringkat dua. Bila menang atas tuan rumah Watford dalam duel yang digelar pada Minggu (5/12/2021) dini hari WIB, mana Man City yang mengambil alih posisi puncak.

Demikian pula Liverpool yang mengintip posisi tersebut. Saat ini, The Reds berada di peringkat tiga dengan poin 31. Bila dalam beberapa jam ke depan ini, Liverpool mampu mengalahkan Wolverhampton Wanderers, maka mereka bisa menggeser Chelsea dan Man City.

Liverpool juga berharap The Cityzens gagal menang atas Watford. Dengan demikian, Jordan Henderson dkk bisa sepenuhnya menguasai tahta klasemen.

Bek Chelsea Thiago Silva saat menyundul bola yang membobol gawang West Ham United di Liga Premier Inggris, Sabtu (4/12/2021). (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Sementara, West Ham yang baru bisa meraih kemenangan setelah empat laga terakhir ini mengukuhkan posisinya di empat besar. Mereka berada di zona Liga Champions dengan mengantongi poin 27.

Kemenangan itu juga menunjukkan Stadion London menjadi kuburan tim-tim elite. Sebelumnya, West Ham menaklukkan Tottenham Hotspur dan Liverpool di kandang sendiri.

West Ham Tertinggal Lebih Dulu

Di laga itu, West Ham menunjukkan penampilan terbaik saat menaklukkan rival dari London barat ini. Bahkan The Hammers tertinggal lebih dulu saat bek Thiago Silva membobol gawang lawan di menit 29.

Keunggulan Chelsea tak bertahan lawan. Tim asuhan David Moyes ini berhasil bangkit untuk menyamakan skor di menit 40. Gol West Ham tercipta dari titik penalti gara-gara blunder bek Jorginho yang melakukan backpass yang bolanya kemudian diserobot striker Jarrod Bowen.

Tak ada pilihan kiper Edouard Mendy menjatuhkan Bowen. Wasit menunjuk titik putih atas pelanggaran itu dan eksekusi penalti dituntaskan oleh Manuel Lanzini di menit 40.

Pemain West Ham United merayakan gol kemenangan yang dicetak Arthur Masuaku saat melawan Chelsea di Liga Premier Inggris, Sabtu (4/12/2021). (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Laga menjadi menarik setelah Chelsea kembali unggul menjelang akhir babak pertama. Kali ini Mason Mount yang sukses menakkukkan kiper Lukasz Fabianski. Dirinya menyambut umpan silang Hakim Ziyech dan tendangan volinya menembus gawang tuan rumah. Laga babak pertama ditutup dengan keunggulan Chelsea 2-1.

Di babak kedua, West Ham yang menolak menyerah bermain dengan semangat tinggi. Hasilnya tak sia-sia setelah Bowen yang menerima umpan Vladimir Coufal menyamakan skor di menit 56. Bowen sempat mengecoh dan ngolongin Andreas Christensen sebelum menaklukkan Mendy.

Saat pertandingan yang diperkirakan imbang 2-2 hampir berakhir, West Ham mengejutkan tim lawan. Di menit 87, pemain pengganti Arthur Masuaku sukses mencetak gol yang menentukan kemenangan tim. Skor berubah menjadi 3-2 dan bertahan sampai akhir laga.*

Artikulli paraprakIni yang Dilakukan PSIS Saat Lawan PS Sleman
Artikulli tjetërMan City ke Puncak, Pep Guardiola: Apa pun Bisa Terjadi