Striker Manchester City Raheem Sterling (tengah) saat mencetak gol ke gawang Watford. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Premier Inggris usai mengalahkan Watford 3-1 di Stadion Vicarage Road, Minggu (5/12/2021) dini hari WIB. Namun manajer Pep Guardiola tak ingin tim lengah menghadapi persaingan ketat karena apa pun bisa terjadi di liga.

Pergeseran posisi puncak langsung terjadi saat Chelsea menelan kekalahan 3-2 dari West Ham United. Pasalnya jarak poin yang dekat membuat The Blues dalam ancaman setelah gagal meraih poin dalam London Derby, Sabtu (4/12/2021).

Terbukti, Liverpool yang kemudian merebut tahta klasemen setelah menang 1-0 atas Wolverhampton Wanderers. Liverpol layak berterima kasih kepada Divock Origi yang mencetak gol kemenangan saat laga tinggal hitungan detik.

Namun The Reds hanya bertengger di puncak selama beberapa jam. Kali ini, Man City yang merebutnya setelah meraih sukses di pertandingan tandang. Mereka menaklukkan Watford yang pernah membantai Manchester United 4-1 dan memaksa manajer Ole Gunnar Solskjaer meletakkan jabatannya.

Kemenangan itu menjadikan Man City mengantungi poin 35. Unggul satu poin dengan Liverpool yang turun ke peringkat dua. Sedangkan Chelsea berada di peringkat tiga dengan poin 33.

Pemain depan Manchester City Bernardo Silva (kanan) saat mencetak gol di laga melawan Watford, Minggu (5/12/2021) dini hari WIB. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Dengan jarak poin yang tetap pendek, Guardiola tak ingin pemain lengah dan tetap fokus. Menurut dia apa pun bisa terjadi di kompetisi paling ketat ini. Apalagi, tim segera memasuki pekan-pekan yang berat pada Natal dan Tahun Baru karena jarak pertandingan yang sangat dekat.

“Kami kembali meraih kemenangan besar dengan penampilan bagus seperti sebelumnya. Kami mempertahankan level yang sudah kami lakukan selama dua bulan terakhir. Kini, kami fokus ke Jerman [melawan RB Leipzig di Liga Champions],” ucap Guardiola seperti dikutip The National.

“Pekan ini ada tim yang kehilangan poin. Pekan berikutnya bisa saja kami atau Liverpool. Apa pun bisa terjadi,” kata eks pelatih Barcelona ini.

Man City Kesulitan Hadapi Watford

Guardiola merasa perlu mengingatkan pemain karena mereka sempat kesulitan menghadapi Watford. Man City sepenuhnya mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 77 persen. Mereka juga melepaskan 26 sepakan dengan 13 di antaranya ke gawang.

Man City seharusnya bisa menang 8-1 saking banyaknya peluang yang tercipta. Namun hanya tiga gol yang dihasilkan. Striker Raheem Sterling membuka kemenangan The Cityzens saat laga baru berjalan empat menit.

Selanjutnya, Bernanrdo Silva mencetak brace. Dia membobol gawang tuan rumah di menit 31 dan 63. Satu-satunya gol hiburan Watford dihasilkan Cucho Hernandez yang menggagalkan Man City meraih clean sheet untuk ke sembilan kalinya musim ini.*

Artikulli paraprakKalah di London Derby, Chelsea Dapat Ancaman dari Manchester City dan Liverpool
Artikulli tjetërLaga 8 Besar Liga 2 Disaksikan Penonton