Indonesia mengalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF, Kamis (9/12/2021). (Foto: olenas.id/Twitter/AFFPresse)

OLENAS.ID – Tim nasional Indonesia mengawali pertarungan di Piala AFF 2020 dengan hasil mengesankan. Timnas sukses mengalahkan Kamboja 4-2 di pertandingan Grup B di di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam. Hanya, penampilan Witan Sulaiman dkk masih mengkhawatirkan dan bikin sport jantung.

Laga pertama dengan akhir manis bagi timnas. Kemenangan itu menjadikan Indonesia menduduki peringkat dua di bawah Malaysia yang bertengger di puncak klasemen. Malaysia mengantongi enam poin setelah menang 3-1 atas Kamboja dan menghajar Laos 4-0.

Perolehan poin Indonesia sama dengan Vietnam yang sebelumnya menaklukkan Laos 2-0. Sementara Vietnam baru kembali bertanding menghadapi Malaysia dalam big match yang digelar pada Minggu (12/12/2021). Indonesia sendiri meladeni Laos.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Shin Tae-yong menurunkan sembilan pemain debutan. Hanya Evan Dimas dan striker PS Sleman Irfan Jaya yang sebelumnya sudah membela tim Merah Putih di turnamen itu.

Indonesia yang memang di atas angin langsung menekan pertahanan Kamboja. Bahkan pertandingan baru berjalan empat menit, sundulan bek Rachmat Irianto yang menyambut sepak pojok Evan Dimas sukses menjebol gawang lawan.

Gol kedua datang 13 menit kemudian. Kali ini sepakan Evan Dimas yang memanfaatkan umpan Pratama Arhan. Memimpin dua gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, Irianto yang akrab disapa kembali mencetak gol. Dia, lagi-lagi, mengonversi tendangan sudut Pratama Arhan di menit 33.

Setelah unggul 3-0, permainan Indonesia mulai mengendur. Kamboja akhirnya memperkecil ketinggalan melalui Yue Safy pada menit 37 Skor 3-1 bertahan sampai turun minum.

Indonesia Memperbesar Keunggulan

Usai jeda, Shin memasukkan bek senior Victor Igbonefo, Ramai Rumakiek dan Syahrian Abimanyu. Keputusan itu berbuah manis. Terbukti, Ramai Rumakiek memperbesar keunggulan timnas menjadi 4-1 pada menit 54. Gol tercipta setelah pemain Persipura Jayapura itu menerima assist dari Ricky Kambuaya.

Kamboja menolak menyerah. Pada menit 60, tendangan bebas Prak Mony Udom yang membentur pagar betis meluncur ke gawang Syahrul Trisna dan menjadikan skor 4-2.

Dalam kedudukan itu, Kamboja berusaha keras mengejar ketinggalan. Bahkan selama 20 menit terakhir, mereka menunjukkan dominasinya.

Ini yang membuat penampilan Indonesia bikin sport jantung alias degdegan. Bagaimana tidak, pemain timnas sudah kehabisan stamina sehingga mereka tak bisa konsisten. Gawang Trisna pun berkali-kali mendapat ancaman dari Kamboja.

Beruntung Indonesia tak kebobolan sampai peluit akhir dibunyikan. Skor tetap 4-2 dan Indonesia meraih kemenangan pertama.*

Artikulli paraprakKena Hajar Bayern Munich, Target Barcelona di Liga Champions Melenceng
Artikulli tjetërUji Coba Dengan Penonton Diawali Mulai 15 Desember 2021