Melalui pertandingan yang sarat drama, Indonesia memastikan diri ke final Piala AFF 2020. (Foto : AFP/Roslan Rahman)

OLENAS.ID – Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah berhasil mengungguli Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 Sabtu (25/12/2021). Tiket final ini diraih setelah melalui perjuangan panjang selama 120 menit dan penuh drama. 

Bermain di Stadion Nasional Singapura, kedua tim menyajikan pertandingan yang menegangkan dan menunjukkan kegigihan bertandingan yang mengesankan. Di waktu normal, hasil seri 2-2 menjadi akhir laga yang harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae Yong di babak pertama sudah unggul terlebih dahulu lewat gol Ezra Wailan. di menit ke-11. Namun Singapura mampu menyamakan skor menjelang jeda atau memasuki menit ke-45+3 melalui sepakan Song Ui-yong.

Gol balasan itu menjadi sesuatu yang mengejutkan karena justeru terjadi saat Singapura harus bermain dengan 10 orang, usai Safuwan Baharudin menelan kartu kuning keduanya.

Kegigihan Singapura yang patut diacungi jempol kembali ditunjukkan di babak kedua. Kembali kehilangan pemainnya, Irfan Fandi yang diusir wasit akibat melanggar Irfan Jaya dengan kartu merah tapi justeru dengan 9 pemain berhasil menambah golnya menjadi 2-1 lewat tendangan bebas Shadan Sulaiman di menit ke-67.

Keberhasilan Singapura unggul satu gol menambah pertandingan makin menegangkan. Upaya Indonesia menyamakan kedudukan berulang kali menemui jalan buntu. Baru menuai hasil di menit ke-87 lewat sepakan Pratama Arhan dengan kaki kirinya.

Drama tak terhenti di situ. Dalam kedudukan imbang 2-2, Singapura mendapat peluang emas setelah wasit menunjuk penalti akibat pelanggaran oleh Pratama Arhan. Namun eksekusi pemain Singapura, Faris Ramli ke sisi kiri gawang Indonesia mampu ditepis dengan baik oleh kiper Nadeo Argawinata.

Laga selama 90 menit itu akhirnya dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa tambahan waktu itu, lagi-lagi dengan drama dan kepiawaian kiper Singapura, Hassan Sunny, Indonesia bisa mendapat dua gol. Masing-masing lewat bunuh diri Shawal Anuar dan satu gol dari Egy Vikri Maulana. Skor 4-2 bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan ini membuat Indonesia maju ke final Piala AFF 2020, dan tinggal menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bermain Minggu (26/12/2021). Final sendiri akan berlangsung dua leg, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, di National Stadium, Singapura. ***

Artikulli paraprakPersija Agendakan Satu Uji Coba Jelang Putaran Kedua BRI Liga 1
Artikulli tjetërSebut Thailand Lebih Baik, Tetapi Shin Tae-yong Menolak Menyerah