Sekretaris Desa Pandowoharjo Baroto Anung Saputra saat meresmikan Kolam Renang Tirta Amarta, Minggu (2/2/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Kreativitas dari pemerintah Desa Pandowoharjo, Sleman, dengan menyediakan fasilitas kolam renang. Adanya Kolam Renang Tirta Amarta Pandowo dari Badan Usaha Milik Desa (BumDes) tersebut menambah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk rekreasi dan tempat latihan cabang olahraga aquatik.

Kolam renang secara resmi dibuka pada Minggu (2/1/2022). Peresmian dihadiri perangkat desa dan Pengurus Provinsi PRSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Forum Klub Renang Sleman (FKRS) serta atlet renang yang dipersiapkan untuk PON 2024.

“Kami menyambut gembira dengan adanya fasilitas kolam renang dari BumDes. Ini bisa digunakan untuk rekreasi sambil berenang tetapi juga untuk tempat latihan,” kata Baroto Anung Saputra, Sekretaris Desa Pandowoharjo.

Kami berharap ada banyak kolam renang yang muncul, sehingga klub yang kesulitan mencari tempat latihan bisa ternaungi

“Sudah ada rencana untuk membangun kolam yang lebih besar dengan standar internasional. Kami berharap adanya kolam ini bisa mendorong prestasi cabang olahraga renang Sleman,” ujar dia.

Langkah BumDes yang membangun fasilitas kolam renang mendapat sambutan positif dari Pengprov PRSI DIY. Wakil Ketua II Boyke Dharma menuturkan DIY masih kekurangan fasilitas kolam renang. Terbukti, Kolam Renang Tirta Amarta yang baru dibuka sudah menjadi tempat latihan empat klub, yaitu Satria Mataram Aquatic, JAQ, Dolphin dan Pinguin. Ini menunjukkan bila DIY membutuhkan lebih banyak fasilitas kolam renang.

“Adanya kolam renang ini tentu hal yang bagus karena bisa memenuhi kebutuhan kolam renang. Apalagi, fasilitas ini sudah memenuhi standar dengan lintasan 25m. Hanya kedalamannya memang kurang,” ujar Boyke.

Penampilan renang indah saat pembukaan Kolam Renang Tirta Amarta, Minggu (2/2/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

“Kami berharap ada banyak kolam renang yang muncul, sehingga klub yang kesulitan mencari tempat latihan bisa ternaungi. Selain itu PRSI DIY punya program untuk menggalakkan lima subcabor aquatic. Jadi harus ada banyak kolam renang,” ucapnya.

Kerjasama dengan DSC

Kolam Renang Tirta Amarta menjalin kerjasama pengelolaan dengan Depok Sport Centre (DSC) yang berdurasi lima tahun. Menurut A.A Ngurah Gede Ari Utama, selaku manajer, kolam tersebut diharapkan mendorong prestasi renang Sleman. Pasalnya banyak anak dari daerah sekitar Pandowoharjo yang termotivasi untuk menekuni olahraga renang.

Penampilan para atlet saat pembukaan Kolam Renang Tirta Amarta, Minggu (2/2/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

“Sudah ada empat klub yang menjadikannya sebagai tempat latihan. Selain itu ada lagi yang sudah mengajukan permohonan untuk berlatih di tempat ini. Namun kolam ini tetap menjadi tempat rekreasi air. Masyarakat bisa memanfaatkannya. Bahkan setiap hari Jumat, kolam tersebut hanya untuk wanita,” tutur Agung, sapaannya.

Meski baru resmi dibuka, namun kolam tersebut sudah memiliki jadwal penggunaan yang padat. Termasuk penyelenggaraan event renang seperti fun swimming yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Kami akan menyelenggarakan fun swimming di tempat ini. Saya optimistis bakal banyak peserta yang mengikutinya,” kata Agung yang juga pengurus Pengprov PRSI DIY ini.*

Artikulli paraprakSebut Thailand Lebih Baik, Tetapi Shin Tae-yong Menolak Menyerah
Artikulli tjetërIronis, Pemain Persiku Kudus Mengadu kepada DPRD Gegara Tak digaji