dutra:-pemain-persija-percayai-angelo-alessio
Persija Jakarta memberhentikan pelatih Angelo Alessio. (Foto: olenas.id/antaranews.com)

OLENAS.ID – Lagi, pelatih klub Liga 1 harus mengakhiri tugasnya sebelum kompetisi selesai. Persija Jakarta memberhentikan pelatih Angelo Alessio menyusul pencapaian tim yang tak memuaskan. Posisinya digantikan asisten Sudirman yang naik pangkat menjadi pelatih kepala.

Persija butuh perubahan. Ini yang menjadi alasan manajemen klub memecat Alessio. Pasalnya pelatih asal Italia ini gagal memenuhi ekspetasi. Meski bermodalkan skuat mumpuni, namun Persija tak mampu menembus papan atas di kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

Presiden Persija Mohamad Prapanca, Rabu (19/1/2022), mengatakan keputusan pemberhentian pelatih yang pernah menjadi asisten Antonio Conte ini diambil karena Macan Kemayoran membutuhkan perubahan. Ini terkait dengan performa tim yang tak kunjung meningkat meski sudah kedatangan pemain baru berkualitas.

Hal tersebut akan menjadi pondasi Persija dalam membangun tim di masa depan. Kami juga mendoakan Angelo untuk sukses dalam kariernya ke depan

Persija mengoleksi 25 poin di putaran pertama dari enam kemenangan, tujuh imbang, dan empat kekalahan. Di putaran kedua, Persija hanya menambah empat poin dari tiga laga awal. Setelah menang 2-1 atas PSIS Semarang, mereka kalah 2-1 dari Persipura Jayapura dan imbang 1-1 saat melawan Persela Lamongan.

“Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik,” ujar Prapanca seperti dikutip laman klub.

sudirman:-fisik-pemain-persija-masih-60-70-persen
Pelatih Sudirman.

Kendati demikian, Prapanca mengucapkan terima kasih kepada sang pelatih. Menurut dia Alessio berani memberikan kesempatan kepada para pemain akademi Persija untuk ambil bagian di Liga 1 musim ini. Alhasil, para pemain muda semakin matang dan sebagian sudah siap menjadi andalan.

“Terlepas dari hasil yang memang tidak memuaskan, kami berterima kasih kepada Angelo Alessio karena berani memberikan kesempatan kepada para pemain muda Persija untuk mencicipi atmosfer Liga 1. Hal tersebut akan menjadi pondasi Persija dalam membangun tim di masa depan. Kami juga mendoakan Angelo untuk sukses dalam kariernya ke depan,” tutur Prapanca.

Kurang Memuaskan

Manajemen menganggap pencapaian Persija kurang memuaskan karena ditargetkan menyelesaikan musim setidaknya di posisi ketiga. Bahkan, sebelum liga dimulai, Persija menargetkan meraih gelar juara.

Persija sendiri untuk sementara berada di peringkat 8 klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 29 poin dari 20 laga. Tim tercatat meraih tujuh kemenangan, delapan imbang dan lima kekalahan.

Posisi Alessio kemudian diambil alih Sudirman yang sebelumnya menjadi asisten pelatih. Manajemen menilai sosok yang akrab disapa ‘Coach Jend’ itu layak diberikan kesempatan. Apalagi, dia sudah mengetahui kondisi tim luar dalam sehingga tak sulit untuk beradaptasi.

Sudirman sesungguhnya sudah menangani Persija di turnamen pramusim, Piala Menpora 2021. Sempat mendapat kritikan, namun eks kapten tim nasional ini sukses membawa Persija meraih trofi.

“Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas,” ucap Sudirman setelah ditetapkan menjadi pelatih kepala.*

Artikulli paraprakPSM Makassar Vs Persik Kediri, Laga Tanpa Gol
Artikulli tjetërInter Vs Venezia, Dzeko Oke Tapi Lautaro Martinez Melempem