Penyelamatan gemilang Kim Kurniawan. (foto : twitter)

OLENAS.ID – PSS Sleman bangkit di tengah pertaruhan posisi klasemen yang cukup rawan. Super Elja berhasil mengandaskan perlawanan Barito Putera 1-0 di Stadion Kompyang Sujana.

Gol Wander Luiz di menit ke-58 itu makin membenamkan Barito Putera di zona merah klasemen sementara di posisi ke-17 dengan hanya meraih 16 poin. Sedangkan Elang Jawa berhasil menembus papan tengan di posisi ke-10 dengan 28 poin.

Sejak awal laga, Barito terus menggempur pertahanan PSS Sleman, namun tetap susah menghasilkan gol. Berulang kali Bruno Matos dan Baru Pradana memborbardir namun pertahanan PSS cukup solid.

Ditambah lagi ciamiknya penampilan penjaga gawang PSS, Miswar Saputra yang tampil luar biasa dengan berkali-kali menggagalkan peluang emas Barito Putra. Peluang telak Bruno Matos, juga tendangan keras Bayu Pradana berhasil digagalkannya.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih kacamata.

Memasuki babak berikutnya, Barito yang sangat sadar akan posisinya di zona degradasi tampil lebih terbuka dan langsung memberi ancaman besar ke PSS. Namun Miswar tampil gemilang dengan berkali-kali menggagalkannya.

PSS yang berusaha mengimbangi permainan Barito memetik hasilnya di menit ke-58. Umpang lambung dari Ocvian Chanigio berhasil dimanfaatkan oleh Wander Luiz. Penyerang asal Brazil itu menyundul bola ke tiang jauh gawang Barito yang dikawal oleh Kartika Aji.

Tekanan bagi PSS makin berat ketika di menit ke-72 harus kehilangan bek Aaron Michael Evans yang diganjar kartu merah oleh wasit. Belum jelas apa kesalahan berat yang dilakukan Evans sampai harus meninggalkan lapangan.

Peluang emas berulang kali didapatkan oleh Barito Putera, namun penampilan gemilang Miswar Saputra kembali menggagalkannya menjadi gol.

Kemelut yang terjadi di area pertahanan PSS pun kandas menjadi gol. Kali ini sontekan Bayu Pradana pada menit-menit penghabisan ke gawang yang gagal dihalau Miswar menjadi mentah lewat penyelamatan gemilang Kim Jeffrey Kurniawan yang menyundul bola di garis gawang.

Sisa pertandingan makin menegangkan, membuat Sleman fans harus manahan degup jantungnya yang berdetak lebih kencang. Sebelum akhirnya mereka lega dan bersorak dengan raihan 3 poin yang sangat dibutuhkan PSS untuk bisa tetap bertahan di Liga 1.

Pertandingan berikutnya makin berat bagi PSS, dengan Persib Bandung yang menanti di laga pada 11 Februari 2022. ***

Artikulli paraprakCopa del Rey, Real Madrid Tanpa Karim Benzema Lawan Athletic Bilbao
Artikulli tjetërPersita Tangerang Menang, Persiraja Kian Terbenam di Dasar Klasemen