Senegal juara Piala Afrika 2021. (Foto: olenas.id/CAFonline)

OLENAS.ID – Senegal menjadi juara baru Piala Afrika. Pemain depan Sadio Mane membawa Senegal meraih trofi setelah menaklukkan Mesir 4-2 (0-0) lewat drama adu penalti di Stadion d’Olembe, Yaounde, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB.

Asa Sadio Mane tercapai sudah. Dirinya telah memenangi Liga Premier Inggris dan Liga Champions bersama Liverpool.

Kini, dirinya meraih sukses di Piala Afrika 2021. Dan, untuk kali pertama Senegal mengangkat trofi juara di benua Afrika. Lengkap sudah pencapaian pemain berusia 29 ini.

Mane meraih apa yang tidak bisa dilakukan para legenda The Lions of Teranga seperti Henri Camara yang memiliki caps 99 sekaligus mencatat rekor paling banyak membela timnas. Begitu pula El Hadji Diouf yang membawa Senegal mencapai perempat final Piala Dunia 2002.

Bahkan Senegal yang diperkuat Diouf sukses menumbangkan Prancis (1-0) dan Swedia (2-1). Diouf yang pernah bermain di Liga Malaysia dengan membela Sabah FA ini hanya bisa membawa Senegal menjadi runner up Piala Afrika 2002.

Sementara Aliou Cisse menjadi kapten Senegal di Piala Dunia 2002 juga gagal. Namun dia meraih sukses sebagai pelatih dengan membawa timnas menjadi juara di Piala Afrika. Setelah gagal dan menjadi runner up di Piala Afrika 2019, eks gelandang Paris Saint-Germain ini berhasil melakukannya di Kamerun.

Bagaimana dengan Mane sendiri? Sosok yang rendah hati meski telah pesepak bola miliuner ini memenangkan duel tidak resmi antara dua bintang Liverpool. Ya, Mesir diperkuat koleganya Mohamed Salah. Mereka merupakan pilar dan membawa The Reds meraih sukses.

Duel Senegal vs Mesir di final Piala Afrika 2021 di Stadion d’Olembe, Yaounde, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. Senegal menang 4-2 lewat adu penalti. (Foto: olenas.id/CAFonline)

Sukses Mane kian lengkap setelah dirinya terpilih sebagai Most Outstanding Player di turnamen. Dirinya dinilai pantas menjadi terbaik setelah tampil impresif di turnamen dengan mencetak 3 gol dan 2 assists.

Sementara, rekannya kiper Edouard Mendy menjadi yang terbaik untuk di bawah mistar. Kiper Chelsea ini sukses meraih clean sheet di 5 pertandingan di Piala Afrika.

Senegal dan Mesir, Dua Tim Favorit

Pertandingan final memang berjalan ketat karena Senegal dan Mesir merupakan dua tim favorit di gelaran Piala Afrika. Kedua tim bermain 0-0 selama 120 menit.

Senegal sesungguhnya berpeluang menang dalam waktu normal saat mendapat hadiah penalti di menit ke-7. Hanya, penaltinya dimentahkan kiper Mohamed Abou Gabal.

Saat adu penalti, Mane tak mengulangi kesalahan. Sepakannya dalam adu penalti menjadi penentu kemenangan Senegal. Sebaliknya Salah dan Mesir gagal meraih gelar juara Afrika kedelapan kalinya. Salah tidak sempat menendang dalam adu penalti ini. Gara-garanya dua rekannya gagal menuntaskan tugas. Terutama setelah Mendy memblok tendangan penalti Mohanad Lasheen.

Pemain depan Senegal Sadio Mane merayakan kemenangan setelah menjadi penentu dalam adu penalti melawan Mesir di final Piala Afrika 2021. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Senegal memang pantas menjuarai turnamen ini karena tampil lebih baik sepanjang 120 menit. Mereka menciptakan banyak peluang gol dan mendominasi lapangan sepanjang laga. Mesir harus berterima kasih kepada kiper Abo Gabal yang tampil cemerlang karena berkali-kali menggagalkan serangan Senegal. Performa gemilangnya menjadikan dia terpilih sebagai man of the match.

Dalam adu penalti, hanya satu pemain Senegal, Bouna Sarr, yang gagal. Kapten Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Bamba Dieng dan Mane sukses menjalankan tugasnya dalam adu penalti.

Sedangkan Ahmed Sayed dan Marwan Hamdi menjadi penendang penalti yang berhasil untuk Mesir. Namun Mohamed Abdelmonem dan Lasheen gagal menjalankan tugas.

Salah tidak diperlukan lagi karena sekalipun dia berhasil, Senegal tetap menang paling tidak 3-2. Dengan demikian kedudukan akhir adu penalti adalah 4-2 untuk Senegal.

Susunan pemain
Senegal:
Edouard Mendy-Bouna Sarr, Kalidou Koulibaly (kapten), Abdou Diallo, Saliou Ciss; Idrissa Gana Gueye, Nampalys Mendy, Cheikhou Kouyate (Pape Gueye 66); Ismaila Sarr (Boulaye Dia 77), Famara Diedhiou (Bamba Dieng 77), Sadio Mane

Mesir: Mohamed Abou Gabal-Emam Ashour, Mohamed Abdelmonem, Mahmoud Hamdy, Ahmed Fatouh; Mohamed Elneny, Hamdy Fathy (Mohamed Lasheen 99) Amr Elsoulia (Mahmoud Trezeguet 59); Mohamed Salah (kapten), Mostafa Mohamed (Marwan Hamdy 59), Omar Marmoush (Ahmed ‘Zizo’ Sayed 59)*

Artikulli paraprakPersita Tangerang Menang, Persiraja Kian Terbenam di Dasar Klasemen
Artikulli tjetërVideo, Senegal Juara Piala Afrika Usai Kalahkan Mesir