Senegal juara Piala Afrika 2021. (Foto: olenas.id/Twitter)

OLENAS.ID – Senegal mengalahkan Mesir 4-2 lewat drama adu penalti untuk memenangi Piala Afrika 2021 di Stadion d’Olembe, Yaounde, Kamerun, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. Pemain depan Sadio Mane menjadi bintang kemenangan Senegal.

Senegal menorehkan catatan dengan menjuarai Piala Afrika untuk kali pertama. Rekor itu dilakukan Mane dkk setelah menaklukkan Mesir.

Hanya The Lions of Teranga harus bekerja ekstrakeras sebelum mengalahkan Mesir. Mereka berjibaku selama 120 menit karena pertandingan imbang 0-0 dalam waktu normal.

Ini adalah mimpi saya dan saya bisa berfoto dengan trofi di kepala saya. Ini adalah mimpi dari rakyat Senegal

Senegal sesungguhnya mendapat peluang bagus saat laga baru berjalan 7 menit. Mane dijatuhkan di kotak penalti sehingga wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, pemain depan Liverpool yang mengambil eksekusi ini gagal menuntaskannya.

Sepakan Mane digagalkan kiper Mohamed Abou Gabal. Pertandingan pun berakhir tanpa gol. Termasuk saat diberikan tambahan waktu.

Pertandingan pun harus diselesaikan melalui adu penalti. Hanya satu pemain Senegal, Bouna Sarr, yang gagal melakukan eksekusi. Sementara kapten Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Bamba Dieng dan Mane sukses menjalankan tugasnya dalam adu penalti.

Mane menebus kesalahannya dengan menjadi penentu kemenangan. Pasalnya hanya Ahmed Sayed dan Marwan Hamdi yang berhasil menuntaskan penalti untuk Mesir. Sedangkan Mohamed Abdelmonem dan Lasheen gagal menjalankan tugas.

Bintang Mesir Mohamed Salah tidak diperlukan lagi karena sekalipun dia berhasil, Senegal tetap menang paling tidak 3-2. Dengan demikian kedudukan akhir adu penalti adalah 4-2 untuk Senegal.

“Kemenangan Senegal jauh lebih penting dibandingkan siapa pun yang bermain. Jadi saya melakukan segala upaya untuk tim dan pelatih,” kata Koulibaly saat menanggapi keberhasilan Senegal menjadi juara.

“Ini adalah mimpi saya dan saya bisa berfoto dengan trofi di kepala saya. Ini adalah mimpi dari rakyat Senegal,” ucap bek Napoli ini.

Berikut video final Piala Afrika 2021.

Laga final Piala Afrika 2021 antara Senegal melawan Mesir. (sumber: YouTube)
Artikulli paraprakBersama Sadio Mane, Senegal Juara Baru Piala Afrika
Artikulli tjetërBila Tangani PSG, Ini yang Dilakukan Zinedine Zidane